Plt. Bupati Malinau Buka Event Lomba Balap Ketinting

by Redaksi Kaltara
Malinau- Kegiatan balap ketinting ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh Komunitas Balap Ketinting Malinau (KBKM). Komunitas ini terbentuk tahun lalu dan salah satu programnya adalah ingin melaksanakan event untuk lomba balap ketinting.
Demikian disampaikan Elisa Selutan, S.Th, M.Pd dalam sambutannya selaku Penasehat KBKM pada ajang Lomba Balap Ketinting yang dilaksanakan di Desa Malinau Seberang, pada Sabtu (31/10).
“Tentu kita pahami bersama bahwa ketinting ini merupakan budaya masyarakat Malinau yang sejak dahulu sudah menggunakan alat ketinting ini sebagai transportasi,” imbuhnya.
Elisa kembali menuturkan bahwa tujuan dari pelaksanaan lomba ini adalah untuk melestarikan budaya yang ada di Malinau. Ia yakin bahwa dengan adanya kegiatan ini tentu akan memberikan dampak yang positif, baik kepada seluruh masyarakat maupun pengunjung dan wisatawan agar tertarik datang ke Malinau.
Mewakili komunitas KBKM ini, Elisa menyampaikan kepada pemerintah daerah agar ke depannya kegiatan ini bisa di akomodir menjadi sebuah kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah membantu dan berkenan hadir untuk membuka lomba balap ketinting ini.
“Kami tahu bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Malinau,” ungkapnya.
“Terima kasih juga kepada pemerintah desa yang sudah mempersilahkan tempatnya untuk dilaksanakan kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan yang positif dalam rangka memberi semangat dan motivasi kepada masyarakat kita secara khusus komunitas balap ketinting ini,” imbuhnya.
Sementara itu, Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd., M.Si yang membuka secara resmi lomba balap ketinting tersebut sangat mengapresiasi atas terlaksananya lomba ini. Dr. Topan berencana agar kegiatan ini bisa dimasukkan ke dalam event tahunan.
“Nanti pada saat kegiatan Irau saya akan menginisiasi ini bersama dengan panitia khususnya dengan Dinas Pariwisata. Kegiatan ini mungkin bisa dilaksanakan se-Kalimantan Utara dan tidak menutup kemungkinan ke depannya jika kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, akan kita lanjutkan sampai level nasional,” ujarnya.
Pada lomba ini Dr. Topan juga menyumbangkan hadiah utama berupa 1 unit mesin ketinting 5 PK, kemudian berencana akan mengadakan piala bergilir dalam kegiatan lomba tersebut.
“Untuk piala bergilir kita siapkan juga mulai sekarang. Nanti tolong camat untuk mengkoordinasikannya dengan sekda, nanti akan kita adakan Piala Bergilir Bupati untuk event lomba balap ketinting mulai tahun ini,” ujarnya.
Kemudian selaku Ketua Satgas Covid-19 Malinau, Dr. Topan juga meminta kepada peserta maupun masyarakat untuk tetap menjaga dan menaati protokol kesehatan selama lomba berlangsung. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: