Satpol PP Siap Tindak Pedagang Kakilima Yang Jualan Dibahu Jalan

Kamis, Januari 9th 2020. | Tarakan

Tarakan, MK – Memasuki musim buah  tahun ini, sejumlah pedagang tampak mulai ramai berjualan di pinggir jalan protokol di Kota Tarakan, Satuan Polisi Pamong Praja berencana akan menertibkan pedagang yang menggunakan trotoar sebagai tempat menjajakan dagangan.

Mengacu pada Perda No 20 tahun 2001 tentang pengaturan pedagang kaki lima dan pedagang kaki lima musiman, serta perda no 13 tahun 2002 tentang ketertiban, kebersihan dan keindahan Kota Tarakan, Satpol PP Tarakan berencana akan menertibkan PLK dan PKL musiman yang mulai marak berjualan di pinggir jalan protokol.

Kasi Operasional dan Pengendalian Satpol PP Tarakan, Marzuki menuturkan pihaknya akan melakukan penertiban terhadap PKL dan pedagang buah musiman yang menggunakan mobil pick up, namun saat ini Satpol PP masih terkendala masalah waktu dan jumlah personil dikarenakan saat ini Satpol PP masih disibukkan dengan pengepaman di SPBU yang ada di Kota Tarakan.

“Kalau razia sih tidak, tetapi tiap hari kami memang melakukan patrol terkait PKL dan PKL musiman,” ungkap

Rencananya, pihak Satpol PP akan merealisasikan usulan dari Walikota Tarakan untuk merelokasi pedagang buah ke jalanSei Sesayap  tepatnya diseputar area gedung tenis Indoor Keramat Tarakan, Namun pihak Satpol PP masih mengatur regulasi dan menunggu hasil negosiasi dari pihak Pertamina sebagai pemilik lahan yang akan digunakan.

Menurut Marzuki, pedagang buah musiman menggunakan mobil pick up sangat mengganggu karena mereka jualan menggunakan bahu jalan yang menjadi sarana kepentingan umu, selain it, pedagang buah musiman sering tidak membekali diri dengan wadah sampah yang akan membuat kebersihan kota terganggu.

“Sementara ini pihak kami masih hanya melakukan peneguran secara liasan kepada pedagang yang menggunakan mobil pick up, kedepannya kami akan buatkan surat teguran dan jika sudah diberi surat teguran namun para pedagang buah musiman masih tidak mengindahka, maka kami akan melakukan tindakan,” pungkasnya. (KHH/Red)

tags: , ,

Related For Satpol PP Siap Tindak Pedagang Kakilima Yang Jualan Dibahu Jalan