Tinjau Penyaluran KUR, Presiden Jokowi: Uang Pinjaman Jangan Buat Beli Motor

by Muhammad Reza

JAWA BARAT, MK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan Peninjauan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) & Kartu Tani serta Tanam PadiĀ di Kampung Kaumluwuk, Desa Leuwigoong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1) pagi.

Presiden Jokowi meninjau Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) & Kartu Tani serta Tanam Padi di Kampung Kaumluwuk, Desa Leuwigoong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1) pagi. (Foto: AGUNG/Humas)

Saat berdialog dengan para penerima KUR, Presiden Jokowi berpesan agar hati-hati menggunakan dana KUR yang dipinjamnya. ā€œJangan dipakai pinjaman KUR itu untuk beli baju, beli jaket, atau beli apa lagi motor, hati-hati ndak bisa mengembalikan hati-hati. Pinjam KUR itu gunakan seluruhnya untuk menutup biaya-biaya ongkos-ongkos produksi,ā€ tutur Presiden.

Presiden mencontohkan apa yang dilakukan Pak Asep, salah seorang petani penerima KUR yang hadir saat itu, yang menggunakan seluruh uang pinjamannya untuk menutup biaya-biaya ongkos-ongkos produksi seperti ongkos tanah, pekerja, bisa untuk beli pupuk, bisa untuk beli bibit.

Untuk itu, Presiden Jokowi menyarankan agar kalau meminjam ke bank, para petani sudah punya hitung-hitungan uangnya mau dipakai untuk apa.

ā€œHati-hati saya titip satu saja kalau mau pinjam ke bank tolong dihitung tolong dikalkulasi dan penggunaannya jangan keluar dari ongkos-ongkos yang berkaitan dengan sawah dan padi yang mau kita tanam, saya titip itu aja,ā€ujar Presiden Jokowi.

Mendampingi Presiden dalam kesempatan itu antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (EN/AGG)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: