Ajak Masyarakat Hidup Sehat

by Metro Kaltara

atulai3

Nunukan, metrokaltara.com – Selain meresmikan wilayah pemekaran kecamatan, Penjabat Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie juga meresmikan gedung pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tanjung Harapan di Kecamatan Sembakung Atulai.

Diharapkan keberadaannya mampu memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara terpadu dan menyeluruh kepada masyarakat. Selain itu, keberadaan puskesmas sebagai sarana untuk membina peran serta masyarakat agar bisa melaksanakan hidup bersih dan sehat.

√Ę‚ā¨ŇďMasyarakat juga harus diajak untuk bersama-sama merawat dan memelihara bangunan yang ada demi kepentingan bersama salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan gedung yang ada,√Ę‚ā¨¬Ěujar Irianto saat melakukan peninjauan di gedung puskesmas, Kamis (30/10).

Ia meminta personil puskesmas tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat. Namun secara aktif ikut merangsang masyarakat termasuk swasta untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan pola hidup bersih dan sehat.

Sebab, lanjut Irianto jika pola hidup yang kurang sehat akan membuat berbagai penyakit mendekat yang salah satu dampak yang ditimbulkan diantaranya sebagai pemicu Kejadian Luar Biasa (KLB) dan pada akhirnya merugikan semua pihak khususnya masyarakat. Sebab masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas khususnya kegiatan ekonomi secara optimal termasuk kegiatan pendidikan karena sakit.

√Ę‚ā¨ŇďKarenanya keberadaan puskesmas sebagai pusat penyuluhan sekaligus pelayanan kesehatan masyarakat. Penguatan peran puskesmas sebagai salah satu solusi jangka panjang dalam menanggulangi berbagai wabah penyakit,√Ę‚ā¨¬Ěujarnya.

Reporter: drm/hmsprov

Editor: Citra Angraynie

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: