TANJUNG SELOR, MK – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Dr H. Suriansyah, M.AP mewakili Gubernur Kalimantan Utara, DR. (H.C) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum, menghadiri acara Malam Muhasabah dan Tabligh Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H yang diadakan di Masjid Agung Istiqomah, Sabtu (6/7) malam.

Dalam sambutannya Suriansyah mengapresiasi atas digelarnya acara tersebut.

Suriansyah menyebutkan bahwa Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 Hijriyah, merupakan momentum muhasabah atau evaluasi terhadap diri sendiri. “Hakikatnya adalah bukan hanya perpindahan tempat, tetapi mental, moralitas, dan religiusitas kita sebagai bangsa. Mengubah sifat buruk menjadi lebih baik, korupsi menjadi antikorupsi, bebas nilai menjadi menjunjung tinggi nilai-nilai agama, miskin menjadi sejahtera, dan seterusnya,”jelasnya.

Lebih lanjut ia mengajak umat Islam untuk memetik hikmah pergantian tahun dan memperbarui sikap mental, individu, dan masyarakat.

Di tengah dinamika dan tantangan zaman, Suriansyah mengajak untuk merenung, bersyukur, dan berintrospeksi terhadap perjalanan hidup.

“Tahun baru ini memberikan kesempatan bagi kita untuk meningkatkan keimanan, memperbaiki diri, dan memperkuat tali silaturahmi dengan sesama. Hal tersebut juga tidak terlepas dari upaya kita untuk dapat meningkatkan amal kebaikan di tahun mendatang dan lebih baik daripada tahun yang telah lalu,”terangnya.

Suriansyah juga mengajak untuk saling mendukung dan memperkuat kerukunan antar umat beragama di wilayah Kalimantan Utara.
“Semangat saling menghormati, menghargai perbedaan, dan bekerja sama dalam kebaikan harus senantiasa kita pupuk. Bersama-sama, mari kita bahu-membahu membangun masyarakat yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan sejahtera,” tuturnya.

Suriansyah juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Kalimantan Utara dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman, menjaga keamanan dan ketertiban bersama, serta terus berupaya mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju, dan sejahtera. “Akhir kata, mohon maaf lahir dan batin, selamat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah bagi umat Muslim, khususnya yang ada di Kalimantan Utara dan Kabupaten Bulungan. Semoga Allah senantiasa meridhai kita dan memberikan keberkahan pada negeri ini,”tuntasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara, Staf ahli Gubernur, Para asisten, dan kepala OPD/Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd., M.Si., Forkopimda Kabupaten Bulungan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Utara, K.H. Zainuddin Dalilla, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Kalimantan Utara, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bulungan, Panitia pelaksana, Penceramah Tabligh Akbar Muharram 1446 H, Habib Muthahar Al Jufrie (Rois Syuriah PWNU Kalimantan Utara), Masyarakat Kabupaten Bulungan.(dkisp)