APBD Malinau Tahun Anggaran 2020, Resmi Disahkan

by Muhammad Reza

Malinau, MK – Bupati Malinau Dr. Yansen TP. M.Si menghadiri sekaligus menandatangani nota persetujuan bersama pada Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) yang dilaksanakan pada Rapat Paripurna ke-5, masa sidang III DPRD Malinau tahun 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malinau, Senin (23/12).

Dalam sambutannya Bupati Malinau Menyampaikan peningkatan kekuatan pembangunan yang kita lakukan di desa pada Gerdema jilid I lebih diperkuat lagi dengan membangun komunitas RT di dalam desa dengan mulai di berikannya anggaran RT semenjak tahun 2016.

“Dengan lahirnya Perda Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rukun Tetangga yang telah kita launching pada bulan November kemarin, itu merupakan wujud tekad dan konsistensi kita membangun Kabupaten Malinau mulai dari lapisan terbawah yakni RT yang merupakan unsur lembaga pemerintahan masyarakat desa”. Ungkapnya.

Penetapan Persetujuan RAPBD tersebut ditandai dengan penandatanganan nota persetujuan bersama yang ditandatangani Bupati Malinau, Dr. Yansen TP M.Si dan Ketua DPRD Malinau, Wempi W. Mawa, SE. APBD Kabupaten Malinau tahun anggaran 2020 secara umum yang telah disepakati bersama, yakni pendapatan daerah sebesar Rp 1.525.770.111.826,64 dan belanja daerah sebesar Rp 1.522.770.111.826,64. Sementara itu untuk pembiayaan daerah sebesar Rp 3 Miliyar.

Pada kesempatan tersebut Badan Anggaran (Banggar) DPRD Malinau Zainal, menyampaikan kepada pihak pemerintah daerah setelah penetapan anggaran agar dapat segera direalisasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Malinau.

“Pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan serapan pelaksanaan kegiatan agar berjalan optimal dan dapat tercapai target sesuai dengan yang telah ditetapkan,” ungkap Zainal.

Persetujuan yang disampaikan oleh DPRD Malinau ini merupakan bentuk wujud dari legitimasi dewan terhadap kebijakan pemerintah daerah. Sekaligus sebagai bentuk upaya bersama untuk mengapresiasi aspirasi masyarakat Malinau.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Yansen TP juga menyampaikan Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah kabupaten malinau mengucapkan selamat merayakan Natal bagi seluruh umat kristiani di Kabupaten Malinau.

“Mari kita bagikan kegembiraan natal tahun ini agar sukacitanya menyelimuti bumi intimung yang kita cintai ini,” ungkap YAnsen TP.

“Selaku pimpinan daerah, tak lupa saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten malinau yang telah bersedia dan penuh rasa gembira menyambut serta memeriahkan kunjungan Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Malinau pada 19 Desember yang lalu,” tambahnya.

Berkat aura positif yang diberikan masyarakat Kabupaten Malinau saat penyambutan kedatangan Presiden, membuat Presiden Jokowi merespon dengan sangat baik dan menyatakan sikap akan kembali untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Malinau. (Red/Hms)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: