Bhakti Praja Akan Digelar Sebulan Penuh

Kamis, Juli 4th 2019. | Malinau

Sebagai Dukungan IKAPTK Mensukseskan Bulan Bakti RT Bersih

Malinau – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si melakukan pertemuan dengan Kepala Desa, aparat desa dan para Ketua RT se-Desa Kuala Lapang. Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kuala Lapang, Kamis (4/7) ini dalam rangka rencana pelaksanaan kegiatan Bhakti Praja oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Malinau.

Foto: Humas

Pertemuan tersebut untuk mewujudkan tekad visi misi daerah dan kebijakan yang ada sehingga dapat terlaksana dengan baik. Melalui Konsepsi pembangunan Malinau, ucap Bupati, berorientasi ke desa dan kemudian fokus pada pembangunan di RT. Maka dari itu, kalau mau capaian itu maksimal atau bisa terwujud dengan sungguh-sungguh dan benar, maka yang harus dilakukan adalah memperkuat basis di bawah yaitu Desa dan RT

“Dalam rangka itulah sebagai bentuk dari pengabdian IKAPTK dalam mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan serta kecakapan mereka, maka mereka diajak untuk melakukan kegiatan Bakti Praja khususnya dibeberapa desa. Kemarin sudah kita tetapkan empat desa (Laboratorium Desa Praja), yaitu Desa Sempayang, Taras, Luso dan Kaliamok. Untuk Desa Kuala Lapang secara khusus untuk pelaksanaan Bulan Bakti RT Bersih,” ungkap Bupati yang juga merupakan Purna Praja sekaligus Pembina dari IKAPTK Kabupaten Malinau ini.

Kenapa pilihan di Desa Kuala Lapang? menurut Bupati, wilayahnya memiliki fungsi dan letak yang strategis. Ditambah lagi, memiliki potensi-potensi yang dapat dikelola secara baik. “Misalnya saja aparat desa yang sudah mampu menjalankan pemerintahan Desa. Ditambah lagi Kadesnya memiliki pengalaman yakni Satgas Desa, tentu sudah bisa mengelola program yang ada di Kabupaten dan Desa,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Bakti Praja ini, Bupati berharap Desa Kuala Lapang menjadi sebuah contoh untuk desa-desa yang lainnya. “Karena desa kuala lapang ini startegis. Banyak dari hulu, hilir melewati. Sehingga ada kekuatan yang bisa mensugesti orang untuk dapat menirunya dan mempengaruhi mentalnya,” jelasnya.

Dan yang menjadi target utama adalah bagaimana kesadaran masyarakat desa dalam mewujudkan konsep masyarakat yang maju dan sejahtera. Hal itu, melalui enam target daerah dan tiga program unggulan Pemerintah Daerah. “Itu harus diaplikasikan. Bukan hanya sebuah program. Tapi bagaimana menjalani kehidupan bersama dengan konsep itu. Sekiranya bisa dimatangkan secara terus menerus,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bupati berharap kehadiran dan keberadaan alumni bersama-sama aparat RT dan Desa dapat menjalin kerjasama yang baik dalam membangun sumber daya manusia masyarakat Kuala Lapang tersebut. “Saya harapkan bisa merubah dan perilaku budaya masyarakat. Sehingga gerakan desa membangun (Gerdema) itu dapat diwujudkan dengan baik di desa Kuala lapang ini,” jelasnya.

Yang terpenting bagaimana prospektif ditengah masyarakat itu dapat berubah. Mulai dari konsep kesehatan, pendidikan, ekonomi dan penataan lingkungan. “Jadi bukan soal teori saja. Tapi bagaiman model yang sudah ada itu harus tercapai. Diharapkan kepala desa juga tidak perlu ragu dan takut untuk mengelola desanya. Apalagi sudah dilindungi oleh undang-undang. Terkecuali itu diluar koridor tentu akan ada konsekuensi yang dihadapi,” terangnya.

Masyarakat desa kuala lapang mulai dini mari membangun sikap perilaku yang matang secara terus menerus. “Artinya bagaimana kekompakan, kerjasama dan kreatifitas itu terbangun. Tanpa disadari ke depannya akan menjadi desa yang produktif dan maju,” pungkasnya. (hms)

tags: ,

Related For Bhakti Praja Akan Digelar Sebulan Penuh