Bupati Laura Kunjungi Lansia, Surveilans Aktif Dimulai

by Redaksi Kaltara

NUNUKAN – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid hari ini, Senin (11/05/2020) mengunjungi lansia yang berada di kelurahan Nunukan Selatan. Bersama dengan tim Gugus Tugas dari Puskesmas Sedadap, Bupati Laura memberikan multivitamin dan melakukan rapid test terhadap para lansia yang dikunjungi.

Dengan dilakukannya kunjungan terhadap ketiga keluarga lansia ini menandai dilaksanakannya kegiatan PANKESIA (Pantau kesehatan lansia). Kegiatan ini sebuah langkah strategi dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kab. Nunukan dalam rangka untuk melakukan perlindungan terhadap kelompok berisiko terutama lansia dgn cara kunjungi, edukasi, monitoring diri dan pemberian multivitamin.

Selanjutnya, setelah dicanangkan ini Surveilans aktif bergerak dengan melakukan penelusuran penderita laksana ISPA dan dilanjutkan pemeriksaan rapid test. Menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid – 19 Aris Suyono kegiatan ini dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (Puskesmas dan RSUD), dan di lingkungan masyarakat dengan dimulai dari titik sekitar tempat tinggal Lansia.

Untuk seluruh wilayah Kabupaten Nunukan, menurut Aris target dari kegiatan Pankesia ini sebanyak 4300 jiwa dengan output Surveilans aktif adalah penderita Ispa (ODP dan PDP) dengan perkiraan angka kesakitan 10 % dan target kabupaten 50 % dari angka kesakitan ISPA sekitar 10.000 kasus. (Red/Humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: