Bupati Syarwani Launching Mall Pelayanan Publik

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si melaunching ujicoba Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bulungan pada Kamis (24/6) di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jl Kol H Soetadji, Tanjung Selor. Keberadaan MPP tersebut diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus perijinan usaha maupun non perijinan.

Bupati menjelaskan, adanya MPP sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau dan nyaman dengan pengintegrasian pelayanan publik.

“Kenyamanan warga dalam mengurus perijinan dan non perijinan merupakan salah satu aspek utama dalam pelayanan prima,” tandas Bupati. Dilanjutkan, adanya MPP juga diharapkan dapat meningkatkan potensi investasi di Kabupaten Bulungan. Sebab globalisasi dan informasi yang terbuka telah mengubah standar layanan yang diinginkan masyarakat terhadap layanan publik. Masyarakat berharap bahwa layanan publik harus sama dengan layanan privat.

Diterangkan, indikator saat ini untuk pelayanan publik bukan lagi kepuasaan, tapi ke arah kebahagiaan warga.  Kebahagiaan bisa diciptakan dengan tampilan layanan publik yang melayani, nyaman, dan kejelasan prosedur. Lalu pelayanan diukur dengan kecepatan, terintegrasi, dan dapat memanfaatkan teknologi informasi. Serta harus ada perubahan layanan yang menjadi lebih cepat, transparan dan tidak berbelit-belit.

Bupati berpesan, kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemkab maupun instansi dan lembaga di Kabupaten Bulungan, yang memiliki tugas dan fungsi pelayanan publik untuk mengerahkan seluruh sumber daya agar Mall Pelayanan Publik tersebut dapat betul-betul beroperasi dengan optimal di Kabupaten Bulungan.

Proses pembentukan MPP Bulungan juga menempuh jalan yang cukup panjang, antara lain diawali persiapan, koordinasi serta penandatanganan komitmen kepala daerah bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sebagai bentuk motivasi untuk implementasi MPP di daerah.

Bupati mengajak seluruh stakeholders mendukung kehadiran MPP Bulungan sebagai langkah untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat.

“Sudah saatnya masyarakat Kabupaten Bulungan memperoleh akses pelayanan publik secara mudah, murah, cepat, akuntabel, transparan dan terintegrasi,” pungkas Bupati. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: