Ingkong Ala Jabat Ketua DPC HKTI Bulungan

by Redaksi Kaltara

Tarakan, MK – Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bulungan pada Kamis malam (31/3) di Ballroom Hotel Lotus Panaya, Kota Tarakan. Dalam sambutannya, Ingkong Ala mengajak generasi milenial terjun ke dunia pertanian sebagai sektor yang tangguh menghadapi berbagai tantangan.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan dalam upaya mensejahterakan masyarakat petani di Bulungan,” ucapnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI serta Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) selaku Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) HKTI Provinsi Kaltara. Dijelaskan, Kabupaten Bulungan dengan wilayah seluas 13.181,92 kilometer persegi dan jumlah penduduk 151.844 jiwa memiliki sekitar 774 kelompok tani dan sekitar 225 kelompok nelayan.

Selain memiliki proyek strategis nasional Kawasan Industri Hijau Indonesia dan Pembangkit Listrik Tenaga Air, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi baru-baru ini juga menyatakan akan mengembangkan potensi Food Estate (Kawasan Pangan Terpadu) di Bulungan.

“Kita harus mengajak generasi milenial untuk menjadi petani atau terjun ke dunia pertanian. Sebab sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dengan segala badai yang melanda,” tegas Ingkong Ala. Disebutkan,  petani sebelumnya selalu diidentikan pekerjaan orang tua dan tak menjamin kesejahteraan. Paradigma tersebut harus diubah karena di tengah kemajuan teknologi dan inovasi, ke depannya pertanian adalah sektor pekerjaan yang sangat menjanjikan dan banyak manfaat yang diperoleh dari berpartisipasinya masyarakat di sektor pertanian.

”Dengan demikian keberadaan HKTI Bulungan sangat penting sebagai mitra pemerintah daerah serta organisasi terdepan dalam memperjuangkan nasib dan kesejahteraan petani di Bulungan,” tegasnya. Dilanjutkan, selain mengajak generasi milenial untuk terjun di sektor pertanian, HKTI diharapkan dapat membantu dan memfasilitasi masyarakat petani dalam hal permodalan atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain itu, penggunaan teknologi digital juga dapat dijadikan sebagai sarana yang efektif dalam mengembangkan dunia pertanian dan juga dalam mengelola organisasi.

“Hal-hal tersebut menjadi PR atau tugas kami ke depannya sebagai pengurus HKTI di Kabupaten Bulungan yang seiring sejalan dengan visi daerah yaitu Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera,” urainya. Dalam acara yang sama turut dilantik ketua HKTI Tarakan, Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Malinau serta dirangkai Rapat Kerja Daerah ke I HKTI Provinsi Kaltara. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.