Lion Air dan Wings Air akan Beroperasi Kembali 10 Mei

by Redaksi Kaltara

JAKARTA – Maskapai Lion Air dan Wings Air akan beroperasi kembali dan melayani penerbangan Tanah Air mulai Minggu, 10 Mei 2020.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan keputusan tersebut mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mengatur kebijakan mengenai larangan aktivitas mudik.

Serta, Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idulfitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Lion Air Group dalam beroperasi tetap menjalankan standar operasional prosedur (SOP), melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diberlakukan serta tidak menyebabkan penyebaran covid-19,” kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Mei 2020.

Danang juga menuturkan dalam penerbangan selama pandemi Lion Air Group menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemi seperti mengikuti rekomendasi protokol kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan.

Selain itu, Lion Air Group juga melakukan pengaturan jarak aman antartamu atau penumpang dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan. Untuk tipe pesawat Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO pada kelas ekonomi yang berkonfigurasi 3-3, maka khusus kursi di tengah (B dan E) tidak dipergunakan (tanda petunjuk X), tamu atau penumpang akan duduk di dekat jendela (window) dan lorong (aisle).

Sementara untuk tipe pesawat ATR 72 dan pesawat yang mempunyai layanan kelas bisnis bertata letak kursi 2-2, mengimplementasikan metode saling silang atau zig-zag.

Saat penerbangan dimasa pandemi, terdapat perpindahan terminal yaitu:

1. Penerbangan domestik Lion Air dari Terminal 1A pindah ke Terminal 2E Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

2. Penerbangan internasional Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air dari Terminal 2F pindah ke Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

3. Penerbangan domestik Batik Air dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pindah ke Terminal 2E (layanan Batik Air tetap di Terminal 2E).

4. Penerbangan domestik Wings Air tetap di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: