Momen Libur Sekolah dan Idu Adha, Objek Wisata Sungai Rongkang Dipadati Warga

by Isman Toriko

MANFAATKAN LIBUR: Para warga terlihat sedang asik bersantai dan mandi di sungai rongkang.

TANA TIDUNG, MK – Momen Lebaran Idul Adha sekaligus momen liburan sekolah sejumlah objek wisata di Kabupaten Tana Tidung, ramai dan menjadi tujuan warga untuk berlibur bersama keluarga.

Sejumlah lokasi wisata terlihat dipenuhi warga yang akan menikmati liburan sembari bersantai bersama sanak keluarga. Hal Ini untuk mengisi waktu liburan liburan sekolah dan juga momen Idul Adha.

Pantauan Media Metro Kaltara di beberapa lokasi, wisata seperti sungai rongkang, objek wisata sungai rongkang yang disuguhkan dengan air mengalir di bebatuan, membuat warga rela mendatangi lokasi tersebut.

Ani (43) warga yang saat itu sedang asik memandikan anaknya di air mengalir, ia datang bersama dengan keluarga untuk menghabiskan waktu seharian di sungai rongkang.

“Agak siang saya kesini, dari Tideng Pale itu 30 menit saya bersama dengan keluarga saya sering ngajakin ke sungai ini karena tempatnya yang tenang dan adem,” katanya.

Sungai rongkang, memang belum di kelola namun pemandangan yang disuguhkan, ditambah air mengalir di bebatuan menambah warga yang datang merasa nyaman.

“Kadang kesini bawa ikan atau ayam untuk dibakar disini, pokoknya tempatnya asik anak-anak bisa main di air karena airnya juga tidak dalam jadi memudahkan kita sambil bakar-bakar ikan,” jelasnya.

Menurutnya, banyak lokasi wisata di KTT namun wisata yang masih alami dan masih asri hanya di sungai rongkang. Di mana pengunjung ketika datang tinggal memilih lokasi tempat bersama keluarga.

“Begitu datang tinggal hampar karpet atau bisa juga buat tenda, disini masih asri jadi tidak ada tiket masuk atau pelayanan seperti di wisata lainya jadi lebih menyatu ke alam lah,” ungkapnya.

Begitupun dengan Aspianut (38) salah satu warga Malinau yang bekerja di Tana Tidung ketika hari Jum’at ia pasti menyempatkan diri untuk singgah ke sungai rongkang.

“Sebelum pulang ke Malinau biasanya saya mampir ke rongkang, sambil bawa kopi dan snack saya santai sebentar baru nanti lanjut ke Malinau,” katanya.

Lokasi sungai rongkang memang sangat asri dan masih hutan yang belum di kelola, air sungai yang dingin suara burung membuat tempat tersebut menjadi tempat bersantai bersama keluarga paling asik.

“Kadang saya ajak juga isteri dan orang tua saya untuk bakar-bakar ikan disini, karena selain bakar juga bisa mandi-mandi air nya dingin ini yang membuat saya suka,” tukasnya.

Selain itu ia berharap, agar lokasi sungai rongkang ini dapat dikelola oleh pemerintah agar lebih tertata dan dapat memberikan PAD bagi Pemkab.

“Tempatnya sudah ada tinggal dikelola dengan baik saya rasa pasti menghasilkan PAD bagi Pemkab. Ini memang harus ada pengelola agar tempat ini bisa terjaga dan selalu bersih,” pungkasnya. (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.