Pemerintah Ingin Pemindahan Ibu Kota Jadi Percontohan

by Muhammad Reza

Desain ibu kota baru.

Jakarta – Pemerintah menginginkan proses pemindahan ibu kota baru dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur menjadi percontohan. Bukan hanya bagi pembangunan kota-kota di Indonesia tetapi pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa ini bisa menjadi percontohan bagi dunia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan ibu kota negara harus menjadi yang terbaik di dunia. Pasalnya seluruh fasilitas yang akan dibangun di ibu kota baru akan menunjukan kemajuan bangsa.

“Karena ini pertama kalinya di dunia memindahkan ibu kota negara dari satu pulau ke pulau lain itu belum pernah terjadi dan kehiruk-pikukannya. Jadi mereka ingin melihat. Saya pikir mata dunia seperti menonton final sepak bola dunia,” kata dia dalam Rapat Komisi XI, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

Dirinya menambahkan, pembangunan ibu kota baru akan mengandalkan smart inetegratred public transport, inteligence city digital hub, intergated digital system. Bahkan pemerintah ingin pengelolaan limbah di ibu kota baru dilakukan dengan tepat dan bermanfaat.

“Kalau bisa kita di ibu kota negara bisa minum dari air keran, begitu jadi sudah drinkable tap water. Kemudian smart waste management, waste to energy, integrated dan risilience city,” jelas dia.

Menurut Suharso ibu kota tidak hanya menjadi pusat pemerintahan saja, melainkan pusat peradaban dan pendidikan. Pemerintah ingin ada universitas internasional, pusat riset, natural attraction, MICE, hingga mengandalkan energi terbarukan.

“Bukan hanya jadi trendsetter nasional untuk standar layanan kota-kota Indonesia tapi juga dunia. Kalau kita buat ibu kota, seluruh kota di Indonesia juga naik pangkat. Misal ada air keran bisa diminum, kenapa tidak semua kota mengarah ke sana,” pungkasnya. (medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: