Pemkab Bulungan Wujudkan Germas di Bumi Tengguyun

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar Rakor Germas tingkat kabupaten bertempat di Ruang Pertemuan Dinkes di Jl Sengkawit, Tanjung Selor pada Selasa (23/8).

“Pertemuan ini menunjukkan dukungan dan komitmen mewujudkan Germas di Kabupaten Bulungan,” ucap Sekretaris Daerah, Risdianto, S.Pi, M.Si yang membuka kegiatan secara resmi.

Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

Untuk menyukseskan pelaksanaan Germas, seluruh lapisan masyarakat harus terlibat, lintas sektor baik Pemerintah Pusat dan Daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat, dengan tujuan kesehatan masyarakat terjaga, sehingga produktivitas akan meningkat dan tercipta lingkungan yang bersih serta biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang.

Dalam pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022, Presiden RI, Joko Widodo juga menekankan pembangunan kesehatan masyarakat salah satunya menekan atau memangkas angka stunting secara nasional.

“Untuk itu saya berpesan, kiranya melalui Rakor Germas tingkat Kabupaten yang dilaksanakan pada hari ini, dapat ditindaklanjuti dengan upaya atau kegiatan-kegiatan nyata di lapangan dalam mengatasi kasus stunting yang ada di Bulungan,” ucap Sekda.

Rakor turut diikuti Ketua TP PKK Bulungan, Sri Nurhandayani Syarwani. Ada pula penyerahan piagam penghargaan kepada ibu-ibu dalam program pemberian ASI eksklusif serta penandatangan komitmen bersama Germas di Kabupaten Bulungan dan penyelenggaraan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) kesehatan masyarakat, yaitu pilar Stop Buang Air Besar Sembarangan/ Stop BABS, Cuci Tangan Pakai Sabun/ CTPS, Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga/ PAM-RT, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: