Pengembangan Infrastruktur Lapas Tarakan Tetap Diperjuangkan

by Muhammad Aras

TARAKAN, MK – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie akan tetap berupaya memperjuangkan terealisasinya gagasan pengembangan infrastruktur Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Tarakan.

“Gagasan mengembangkan infrastruktur Lapas di Kaltara, utamanya Lapas Tarakan sudah lama. Namun terbentur dengan terbatasya anggaran. Gagasan pengembangan ini sudah diupayakan sejak 2017, dimana saat itu saya mengusulkan pembangunan lapas (termasuk lapas baru di Bulungan) di Kaltara kepada Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Mengingat, 2 lapas di Kaltara, yakni Lapas Tarakan dan Nunukan sudah over kapasitas,” ucap Gubernur di sela peninjauan pengobatan gratis di Lapas Kelas II Tarakan, Rabu (23/9) siang.

Namun usulan tersebut dimentahkan oleh Kemenkumham. Lantaran, persoalan serupa juga terjadi di lapas lainnya di Indonesia. Dan, saat itu Kemenkumham juga belum memiliki alokasi anggaran memadai untuk pembangunan lapas maupun lapas baru. “Pun demikian, saya tetap menilai harus ada minimal pengembangan pada lapas di Kaltara. Dari itu, ada bantuan operasional dan perbaikan gedung di Lapas Tarakan yang menggunakan APBD Kaltara,” jelas Irianto.

Mengingat pentingnya pengembangan infrastruktur di Lapas Tarakan, Gubernur pun akan tetap berupaya mengerahkan daya upaya agar gagasan tersebut terealisasi. “Untuk pengembangan Lapas Tarakan atau pembangunan baru, akan diupayakan pada tahun-tahun berikutnya. Ini mengingat Indonesia akan memasuki resesi ekonomi karena pandemi, termasuk kaltara. Tapi kita tak boleh pesimis, Insya Allah kita akan bisa mengatasi masalah ini bersama-sama,” urai Gubernur.

Di balik keterbatasan itu, Irianto juga menyampaikan respek dan penghargaan kepada Kepala Lapas Kelas II Tarakan Yosef Benyamin Yembise. Ia menilai dibawah kepemimpinannya, Lapas Tarakan mengalami banyak perubahan ke arah yang lebih baik. “Ini, salah satunya berkat pengalaman panjang Pak Yosef dalam karirnya tersebut. Dari situ, diperoleh hasil kerja nyata dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat,” tutur Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Irianto bersama sejumlah kepala OPD juga sempat meninjau pelaksanaan pengobatan gratis bagi warga binaan Lapas Tarakan. “Mengunjungi lapas banyak hikmah yang baik bagi diri kita. Dan hari ini (kemarin, Red.), saya berkunjung dengan niatan melakukan pengobatan gratis,” tutup Irianto.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.