Brimob Imbau Warga Balikpapan Biasakan Berjemur Cegah Virus Corona

by Muhammad Aras

BALIKPAPAN, MK – Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK melalui tim patroli dalam rangka bakti brimob Kaltim untuk masyarakat mengimbau warga Balikpapan untuk membiasakan berjemur di bawah terik sinar matahari saat pagi minimal 15 menit sebagai upaya preventif mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

“Yang biasa di rumah kami mohon hanya 15 menit saja, untuk bisa terkena sinar matahari. Itu penting,” kata Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK di Balikpapan, Selasa (28/4).

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap kepada masyarakat Balikpapan keluar saat pagi untuk berjemur di bawah terik matahari minimal 15 menit.

Tidak hanya itu, John Huntal menganjurkan agar warga Balikpapan banyak minum vitamin C, rajin olahraga dan istirahat teratur agar imun tubuh tetap stabil. Hal itu dikarenakan COVID-19 bisa menyerang manusia hanya kalau daya tahan tubuhnya lemah.

“Tadi saya sudah sampaikan kepada tim patroli untuk menghimbau warga makan putih telur untuk daya tahan tubuh kita, sebaiknya kita mencegah dari pada mengobati,” katanya.

Namun begitu, kata dia, dalam kondisi saat ini penting juga untuk saling menjaga jarak antarsatu sama lain, minimal 1,5 hingga 2 meter untuk mencegah penyebaran virus tersebut. “Memang sebaiknya minimal 1,5 meter sampai 2 meter kita bisa berjauhan,” ujarnya.

Bagi yang sedang sakit, Kombes John Huntal juga menganjurkan agar menggunakan masker, begitu pula yang sehat juga menggunakan masker. “Tapi bahwa kita menjaga jarak minimal 1,5 meter maka kita sudah jauh lebih aman,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa upaya preventif lain untuk mencegah tertularnya virus tersebut adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab, tangan sering kali digunakan untuk mengusap bibir, hidung ataupun mata sehingga itulah yang menyebabkan tubuh cepat tertular virus.

“Karena itu saya menganjurkan supaya kita tidak gampang (tertular), yang paling penting tidak boleh menempelkan tangan kita ke hidung, mulut atau ke mata, sebelum cuci tangan. Kalau kita punya kacamata silahkan dipakai, agar kita tidak mudah mengusap-usap mata kita,” katanya. (*)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: