Bupati Syarwani Tekankan ASN Bermental Melayani

by Redaksi Kaltara

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si

Bulungan, MK – Semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat perlu terus ditumbuhkan agar mampu merubah dan membentuk mental ASN (Aparatur Sipil Negara) yang melayani. Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyampaikan hal itu dalam kegiatan bimbingan teknis fasilitasi pelayanan publik dan tata laksana di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan di Gedung BKPSDM Bulungan di Jl Agathis, Tanjung Selor pada Rabu (8/6).

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Kementeritan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) RI sertaĀ  Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara. Materi yang diberikan dalam bimtek meliputi sosialisasi dan penyusunan peta proses bisnis instansi pemerintah serta pendampingan penilaian kepatuhan pelayanan publik.

Bupati menyambut baik kegiatan tersebut sebagai bekal segenap jajaran aparatur Pemkab Bulungan untuk mendapatkan ilmu, pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan serta meningkatkan pelayanan yang mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Menurut Syarwani, pelayanan publik yang prima bahkan berkelas dunia saat ini sudah menjadi tuntutan masyarakat kepada segenap aparatur pemerintah. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah pusat melalui Kemen PAN RB secara berkala melakukan evaluasi penyelenggara pelayanan publik, penghargaan kepada ASN hingga akuntabilitas kinerja.

Ā ā€œPenting bagi setiap jajaran pemerintah, untuk menciptakan birokrasi yang berorientasi hasil, tidak semata berorientasi pada prosedur, proses, dan rutinitas yang monoton,ā€ tegas Syarwani.

Syarwani menjelaskn birokrasi harus menjamin bahwa program-programnya memiliki manfaat nyata bagi masyarakat dan bukan sekedar menjamin bahwa program itu terlaksana. Saat ini tantangan aparatur sebagai penyelenggara pelayanan publik tidak hanya soal rumitnya prosedur, korupsi, dan akuntabilitas.

Digitalisasi yang perlahan mulai mengubah pola dan budaya kerja, harus mampu mulai diterapkan secara positif untuk menggalakkan pemerintahan berbasis e-government yang modern dan responsif. Bupati berharap, melalui kegiatan ini segenap aparatur di lingkup Pemkab bBulungan dapat terus berbenah, mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki untuk mewujudkan pelayanan prima demi perbaikan diri sendiri dan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

ā€œSpirit tersebut perlu terus ditumbuhkan, dijaga, dan ditularkan agar optimisme tersebut mampu merubah dan membentuk mental ASN yang melayani,ā€ pungkasnya. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: