Gempa Berkekuatan 5,8 magnitudo Cuncang Sulawesi Barat

Gedung Serba Guna PKK Rusak Parah

by Redaksi Kaltara

Mamuju, MK – Gempa berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Barat pada Rabu siang, 8 Juni 2022 pukul 12.32 WIB. Pusat gempabumi tercatat berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer tepatnya 43 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Mamuju.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah bangunan di pusat Kota Mamuju mengalami kerusakan imbas guncangan gempa. Guncangan gempa mengakibatkan atap Gedung Serba Guna PKK Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat roboh.

Dari video yang beredar terlihat beberapa kursi berserakan akibat tertimpa atap. BPBD setempat masih melakukan kaji cepat dan pendataan kerusakan pascagempa tersebut.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, warga sempat merasa panik hingga akhirnya keluar rumah maupun gedung. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami.

Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, gempa juga dirasakan sedang di Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar. Kepanikan juga sempat dialami warga di dua kabupaten tersebut, namun kondisi berangsur kondusif.

BNPB mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga apabila terjadi gempa susulan. Hindari berada dalam bangunan untuk sementara waktu.

(WHS/medcom)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.