Germas Provinsi Kaltara Raih Penghargaan

by Muhammad Aras

PENGHARGAAN : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, H Usman menerima penghargaan karena berhasil menjalankan Germas di Kaltara.

TANJUNG SELOR, MK – Penghargaan kembali diraih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Kali ini melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara, yang menerima penghargaan karena dinilai berhasil melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Provinsi bungsu di Tanah Air ini.

“Alhamdulillah Provinsi Kaltara mendapatkan penghargaan terbaik dalam kategori Pencegahan dan Deteksi Dini pada ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemprov Kaltara,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman saat dikonfirmasi usai menerima penghargaan di Hotel Aryaduta, Makassar, Selasa (22/10). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi bidang Pembangunan Manusia, Mayarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Dr Ir Subandi Sardjoko.

Usman mengatakan, salah satu kegiatan dalam program Germas adalah pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltara.

“Kita lakukan deteksi dini untuk mengurangi resiko PTM (Penyakit Tidak Menular). Agar ketahuan penyakitnya, sekaligus menumbuhkan kesadaran ASN untuk mendeteksi dini kesehatannya. Ini sebagai salah satu acuan memperbaiki pola hidup sehat dan berkualitas,” kata Usman.

Secara teknis, kegiatan pencengahan dengan melakukan deteksi dini ini melibatkan 3 tim yang terdiri dari Dokter, Perawat, Bidan dan Tenaga Kesehatan lainnya. “Teknisnya, tim akan langsung mendatangi tiap-tiap OPD secara bergiliran. Pemeriksaan dilakukan mulai dari tekanan darah, kadar kolesterol, asam urat, gula darah, paparan asap, berat badan dan tinggi badan. Serta lingkar perut, ” ungkap Usman.

Pemantauan resiko PTM kedepan akan terus diagendakan. Ini dalam rangka pencegahan dan pengendalian teridapnya penyakit, khususnya bagi ASN di lingkungan Pemprov Kaltara. Tak hanya bagi para ASN, hal serupa juga dilakukan bagi masyarakat Kaltara.  Namun teknisnya kemungkinan nanti lewat di Puskesmas setempat.

Atas penghargaan tersebut, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan  ucapkan selamat. “Saya berharap ini menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi, dalam upaya kita mewujudkan Kaltara Sehat,” kata Gubernur.

Masih di bidang kesehatan, ucapan selamat juga diberikan Gubernur kepada dua ASN di lingkup Pemprov Kaltara. Yaitu, Agust Suwandi, ASN di Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara yang meraih terbaik ke-3 atas inovasi proyek perubahan yang berjudul CEK AKU (Catatan Elektronik ASN) pada pelaksanaan Diklat Pim III. Juga M Hariyadi, peserta Diklat Pim IV, ditetapkan sebagai terbaik ke-4  se-Kalimantan lewat inovasi dengan judul SI-IMUT (Sistem Indikator Mutu) RSUD Prov Kaltara.

“Sekali lagi selamat, kita berikan apresiasi. Pesan saya terus lah berinovasi, jangan berhenti belajar. Karena dengan belajar itu lah kunci dari kesuksesan,” kata Gubernur. (humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.