Hebat… Bulungan Raih Predikat B dalam SAKIB-RB Award 2020

by Redaksi Kaltara

Bulungan, MK – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menyerahkan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tahun 2020 dalam acara SAKIP-RB Award 2020 yang dilaksanakan di Jakarta. Salah satu hasilnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meraih predikat nilai B untuk SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), sama seperti tahun 2019 dan RB (Reformasi Birokrasi) predikat CC.

Seperti dilansir dari halaman menpan.go.id, Menteri Tjahjo dalam sambutannya menjelaskan, salah satu fokus percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi adalah penyederhanaan birokrasi, yang mengedepankan peningkatan pelayanan publik yang berkualitas dan terwujudnya pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Untuk mendorong penguatan reformasi birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di instansi pemerintah, Kementerian PANRB juga melaksanakan evaluasi setiap tahunnya,” terangnya dalam acara yang turut dihadiri Sekretaris Daerah Pemkab Bulungan, Drs H Syafril serta Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan. Menteri Tjahjo memberikan apresiasi kepada pemda yang berhasil mendapatkan predikat AA, A, BB dan B pada hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi. Untuk pemda yang mendapatkan predikat dibawah Baik, Menteri Tjahjo mendorong kepala daerah dan sekretaris daerah untuk meningkatkan komitmen serta melakukan perbaikan yang diperlukan dalam penerapan reformasi birokrasi dan SAKIP.

Pada hasil evaluasi RB tahun 2020, terdapat 1 pemerintah provinsi berpredikat A; 4 pemerintah provinsi dan 8 pemerintah kabupaten/kota berpredikat BB; serta 21 pemerintah provinsi dan 115 pemerintah provinsi berpredikat B. Sedangkan pada hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 terdapat 1 pemerintah provinsi berpredikat AA; 3 pemerintah provinsi dan 11 pemerintah kabupaten/kota berpredikat A; 9 pemerintah provinsi dan 56 kabupaten/kota berpredikat BB; serta 20 pemerintah provinsi dan 258 kabupaten/kota berpredikat B.

Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemkab Bulungan tahun 2020 oleh KemenPAN RB memperoleh nilai 62,48 atau predikat B.  Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemkab Bulungan menunjukkan hasil yang baik namun tidak mengalami perbaikan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara Indeks Reformasi Birokrasi Pemkab Bulungan tahun 2020 adalah 55,05 dengan kategori CC. (an/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: