Penggunaan Masker Diharapkan Jadi Budaya Masyarakat Kaltara

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Operasi Zebra Kayan 2020 resmi dilaksanakan mulai 26 Oktober hingga 8 November mendatang. Dimana dalam operasi ini salah satu sasarannya adalah pencegahan penyebaran Covid-19.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono melalui Dirlantas Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya melakukan pemasangan stiker “Ayo Pakai Masker” pada kendaraan roda empat.

“Jadi tujuan dari pemasangan masker di angkutan umum, bus, truk supaya terdoktrin masyarakat, khususnya pengguna jalan terdoktrin oh dengan tag yang sama ayo pakai masker  kita mengajak untuk selalu memakai masker,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (4/11).

“Jadi harapannya masker ini nantinya sama dengan helm untuk pengemudi roda dua, sama dengan sefti bell    untuk pengemudi roda empat jadi kebutuhan. Istilahnya kalau sudah jadi budaya itu jadi kebutuhan pasti ada yang kurang. Misalnya kalau pergi, ngga pakai helm kita pasti mencari helm, atau pas dimobil sudah jadi kebutuhan kalau jalan naik mobil ngga pakai sefti bell itu ada yang kurang harus pakai sefti bell dulu seperti itu. Mudah-mudahan masker ini, itu jadi budaya kebutuhan masyarakat di Kaltara,” sambungnya.

Saat ditanya terkait kesadaran masyarakat dalam menerapakn protocol kesehatan Covid-19 saat beraktivitas diluar rumah. Pria berpangkat tiga melati ini dipundaknya mengaku masih kurang khusunya masyarakat di pedesaan.

“Tingkat kesadaran masyarakat di perkotaan sudah baik, tapi di perdesaan masih kurang. Saya pernah patroli ke Tanjung Palas, kan kalau sore masyarakat dipinggir banyak yang main volly masih banyak masyarakat tidak menggunakan masker dan itu kita tegur,” tambahnya. (as)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: