Peras Guru SD, Oknum Wartawan KPK Ditangkap Polisi

Senin, Juli 1st 2019. | Headline, Tanjung Selor

Dir Krimum Polda Kaltara Kombes Pol Partomo Iriananto

TANJUNG SELOR, MK – Seorang oknum wartawan Koran Perangi Korupsi (KPK) berinisial YP ditangkap jajaran Ditkrimum Polda Kaltara lantaran memeras seorang guru SDN 028 Tanjung Selor. Selain guru, YP diduga melakukan pemerasan disejumlah daerah di wilayah Kaltara.

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Dir Krimum, Kombes Pol Partomo Iriananto mengatakan, oknum wartawan itu diamankan setelah menerima laporan adari pihak sekolah yang tak lain adalah korban bernama bernama Setyono, Spd.

“Total kerugian yang dialami korban, mencapai Rp3,5 juta. Uaang hasil pemerasan itu dilakukan untuk keperluan pribadi untuk membeli HP, lemari, serta keperluannya yang lain,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Senin (1/7).

Modus yang digunakan YP dalam melancarkan aksinya yakni menakut-nakuti korbannya dengan mengatas namakan wartawan KPK. YP kemudian meminta sejumlah uang dengan alasan ingin membangun kantor di Kaltara. Partomo menduga, aksinya itu tidak hanya dilakukan di wilayah Bulungan saja, melainkan beberapa daerah di luar Kaltara.

“Kalau di Kaltara ini, di wilayah Bulungan saja dia beraksi. Kalau untuk wilayah lain, kita duga sudah juga. Tapi kita masih lakukan pengembangan, siapa-siapa saja yang sudah menjadi korbannya,” bebernya.

Dalam kasus ini pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti yang digunakan dalam melancarkan aksi pemerasan yang dilakukan. Barang bukti yang diamankan diantaranya, 3 buah Id Card bertuliskan tanda pengenal pers KPK (Koran Perangi Korupsi), bukan Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, beberapa kwitansi hasil pembelian yang dilakukan pelaku dari sejumlah toko yang ada di Tanjung Selor.

“Kasus ini, kita masih dalami lagi. Terutama, para korbannya yang masih kita kumpulkan untuk dimintai keterangan. Kalau untuk tersangka, kita sudah amankan di rutan (rumah tahanan) Polres Bulungan,” terangnya. (as)

tags: , ,

Related For Peras Guru SD, Oknum Wartawan KPK Ditangkap Polisi