TNI-Polri Peduli, Bupati Malinau Ucapkan Terima Kasih

by Redaksi Kaltara
Malinau- Gerakan Bakti Sosial TNI-Polri Peduli Covid-19 berlangsung di halaman Kodim 0910/Mln, pada Jum’at (19/06). Hadir pada kegiatan tersebut Polda dan Danrem Kalimantan Utara, Bupati dan Wakil Bupati Malinau, Ketua DPRD Malinau serta seluruh Ketua Adat dan Paguyuban yang berada Kabupaten Malinau.
“Saya atas nama seluruh masyarakat Malinau menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan. Terlebih dalam suasana kita menghadapi Corona saat ini. Ada kepedulian yang diberikan oleh jajaran Polda dan Danrem Kalimantan Utara kepada masyarakat Malinau,” ujar Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si.
Tentu jika dilihat dari nilainya tidak mungkin mengatasi semua persoalan yang dihadapi saat ini, tetapi kepedulian ini sangatlah berarti.
“Semoga ini nanti menjadi sebuah motivasi, semangat bagi kami dalam mengawali hidup baru,” ucapnya.
Pada kesempatan ini, Dr. Yansen menyampaikan bahwa saat ini Malinau sudah mulai memasuki tatanan new normal meski bukan merupakan salah satu daerah yang ditetapkan.
“Karena disini kami berpikir bahwa persoalan yang terbesar bukanlah Corona, tetapi lebih kepada tekanan sosial dan ekonomi masyarakat,” jelasnya.
Karena itu, sesuai dengan kesepakatan bersama aparat pimpinan daerah memutuskan untuk menerapkan new normal dengan sebutan pola hidup sehat, aman, produktif membangun Malinau.
“Jadi ini kami mengemasnya dalam sebuah SOP yang dilaksanakan dengan indikator Gerakan Desa Membangun atau yang lebih populer kami sebutkan RT Bersih,” ujarnya.
RT bersih itu menurut filosofinya ialah tatanan hidup masyarakat yang rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis. Ini memiliki cakupan nilai yang memberi penguatan kepada masyarakat Malinau.
“Jadi ini yang kami terapkan,” terangnya.
Meski dalam tiga bulan ini masyarakat dicekam oleh ketakutan akan virus ini.
“Jika di kota mungkin wajar takut karena banyak orang yang keluar/masuk. Tetapi daerah kami sampai di pelosok pun yang tidak mungkin dikunjungi orang masih dilanda ketakutan.
Karena itu dibutuhkan treatment untuk mengatasi ketakutan dari virus ini. Termasuk kunjungan dari Polda dan Danrem Kalimantan Utara. Ini merupakan treatment yang baik bagi masyarakat yang selama ini diselimuti ketakutan.
“Jadi dengan kunjungan ini rasa was-was itu sudah mulai hilang karena ada rasa keterbukaan di hati dan pikiran mereka sehingga harapan kita masyarakat bisa segera menjalankan kehidupan normal itu,” tuturnya. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: