Wujudkan Smart City, Pemkot Tarakan Akan Terapkan Sistem E-Parkir

by Supriyadi Rodrigers

Kadis Diskominfo, Tarmizi Memperlihatkan Kartu E-Parkir

TARAKAN, MK – Berbagai persiapan telah dilakukan Pemerintahan Kota Tarakan untuk menjalankan Program Smart City, salah satunya pembayaran parkir secara non tunai (E-PARKIR).

Pelaksanaan program E-Parkir akan memberikan kenyamanan, keamanan dan kepastian tarif parkir sesuai dengan ketentuan. Masyarkat kota tarakan dapat menggunakan layanan e-parkir dalam waktu dekat di tahun 2020.

“Sistem E-Parkir dirancang untuk memberikan pelayanan pembayaran parkir yang lebih baik kepada masyarakat dengan menggunakan aplikasi. Masyarakat bisa membayar retribusi parkir dengan mudah dan mendapatan kepastian tarif parkir sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” Kata Tarmizi, Kadis Diskominfo Tarakan.

Kepala Dinas Diskominfo Tarakan, Tarmizi Mengatakan Hingga saat ini, Pemerintahan Kota Tarakan sudah bekerja sama dengan pihak Bank yang menyediakan berbagai perangkat pembayaran parkir secara non tunai. Mulai dari Q-Ris, Mesin Electronic Data Capture (EDC)  dan persiapan nomor rekening transaksi E-Parkir.

“Kita sudah bekerja sama dengan Pihak Bank di Tararakan yang bersedia menyiapkan perangkat pembayaran E-Parkir dapat digunakan dengan mencsan Q-Ris maupun Mesin Electronic Data Capture (EDC).” Ujarnya

Sementara itu, Walikota Tarakan Menambahkan system E-parkir menggunakan dua layanan, diantaranya berlangganan dan tidak berlangganan. Bagi masyarakat yang berlangganan akan lebih diuntungkan karna tarif parkir yang lebih mudah dibandingkan tidak berlangganan.

“Masyarakat yang berlangganan lebih diuntungkan dengan menggunakan android karena tarif parkir sangat murah dibandingkan tidak berlangganan yang tetap mendapatkan tarif seperti biasa.” Katanya

Dari data yang ada, saat ini masyarakat Kota Tarakan yang berlangganan E-Parkir sebanyak 205 Orang. Selain itu dengan adanya system E-Parkir dapat mengurangi adanya pungli oleh Juru Parkir yang ada.(SR25)

 

 

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: