Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Bulungan Dipangkas 50 Persen Untuk Penanganan Covid-19

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Bulungan berdampak pada adanya pemotongan anggaran perjalanan dinas bagi anggota DPRD Bulungan. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 50 persen dari anggaran perjalanan dinas tersebut terpaksa digeser untuk anggaran penanganan Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bulungan Hamka membenarkan pemotongan anggaran tersebut. Bahkan bersama dengan anggota DPRD lainnya telah menggelar rapat internal yang dilanjutkan dengan rapat bersama tim anggaran pemerintah daerah pada Selasa (28/4/2020).

“Kita selaku DPRD selaku wakil rakyat harus tahu selaku fungsi pengawasan kepada pemerintah daerah artinya dengan pemotongan anggaran itu setelah diketok kita juga harus tau rencana apa yang harus dibuat. Yang kita mau dana hasil seluruh pemotongan OPD termasuk DPRD itu tepat sasaran oleh pemda, ujarnya kepada Metro Kaltara, Senin (27/4).

“Jadi kita ingin dengar dari pemda terutama tim anggaran pemerintah daerah dan bagian-bagian yang menerima bantuan dari pemda tersebut. Ya kita paham ini memang diawasi BPK dan sebagainya tapi ita sebagai pengawasan perlu tau,” sambungnya.

Kata dia, perlu ada sinkroninasi antara pemda dan legislatif, apalagi dana desa di ketahui juga ada pergeseran anggaran sehingga perlu ada lapoaran dari Pemda kepada DPRD terkait peruntukan anggaran tersebut.

Kita juga ingin sinkron artinya dana desa kan ada pergeseran dan juga ada ketentuan dana desa untuk dialihkan untuk Covid-19 ini. Jadi kita perlu sinkronisasi apakah dana yang dari kabupaten sudah masuk lagi ke desa atau gimana ini yang perlu kita sharing dengan pemda besok,” terangnya.

Ditambahkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bulungan Aluh Berlian bahwa dirinya sangat mendukung pemerintah khusunya penanganan pandemi Covid-19. Sehingga ia berharap agar anggaran yang telah direlokasi dapat digunakan sebaik-baiknya dan tepat sasaran.

“Artinya kita mendukung pemerintah, intinya seperti itu dengan segala ketentuannya, artinya kami dari DPRD support lah untuk masalah anggaran dan sebagainya cuman kami berpesan penyalurannya tepat sasaran,” harapnya. (as)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: