Banjir Malinau Rendam 9 Desa

by Redaksi Kaltara

Malinau, MK – Banjir bandang yang merendam sembilan Desa di Kabupaten Malinau terus meluap,  hingga saat ini, ketinggian air mencapai tiga meter dan merendam rumah warga, banjir dipicu oleh curah hujan tinggi sejak sabtu malam sehingga debit air sungai mentarang yang merupakan hulu sungai  funu dan kenipe meluap.

Kondisi banjir yang melanda Desa wisata Pulau Sapi dan beberapa desa lainnya diantaranya desa Malinau Hulu, Pelita Kanaan, Long Berangkat, Long Simau, Long Makatip, Long Kebinu, Long Sulit, Paking dan Long Semamu serta Long Bisai.

Tingginya curah hujan di wilayah Kecamantan Mentarang hulu dua hari terakhir membuat sungai Funu dan Kanipe yang merupakan hulu sungai mentarang meluap dan merendam rumah warga.

Ketinggian air bervariasi di beberapa Desa, namun Desa Pelita kanaan, Desa Pulau Sapi yang terdampak banjir parah dengan ketinggian air antara satu hingga tiga meter, selain merendam rumah warga, banjir juga merendam fasilitas pendidikan berupa gedung sekolah, kantor kepala desa dan beberapa fasilitas umum.

Warga yang menjadi korban banjir terpaksa mengusngsi ke wilayah dataran tinggi untuk menghindari banjir, sementara sebagian warga mengungsi kerumah kerabat yang tidak terdampak banjir.

BPBD Kabupaten Malinau menghimbau warga agar berhati-hati mengingat ketinggian air terus meningkat, saat ini BPBD melakukan pendataan di lapangan, namun kendala yang dihadapi personel mencapai lokasi terdampak yang jauh. (yan/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: