BPJS KESEHATAN CABANG TARAKAN BELUM DAPAT TERAPKAN PUTUSAN MA

by kenneth Helmy Harahap

BPJS Kesehatan Cabang Tarakan belum dapat menerapkan tarif sesuai putusan MA, Karena belum turunnya salinan putusan dari bpjs kesehatan pusat.

Tarakan, MK.  Meskipun dalam Judicial review atau uji materi. (Perpres) no 75 tahun 2019 tentang kenaikan tarif bpjs kesehatan, telah di batalkan oleh Mahkamah Agung, namun bpjs kesehatan cabang kota Tarakan masih harus menggunakan tarif yang sesuai dengan keppres no 75 tahun 2019 tersebut.

Bukan hanya bpjs cabang Tarakan saja, seluruh bpjs kesehatan cabang yang ada di Indonesia belum dapat menerapkan tarif sesuai dengan putusan MA, dengan alasan belum menerima salinan putusan dari bpjs kesehatan pusat.

Meskipun secara yuridis, putusan justicial review Mahkamah Agung bersifat final dan mengikat, dan tidak adanya upaya banding atau kasasi dalam putusan tersebut.

Plt kepala bidang SDM umum komunikasi publik, Joice. Saat dimintai keterangannya, menuturkan. bpjs kesehatan cabang Tarakan masih terus berkoordinasi dengan bpjs kesehatan pusat/ terkait putusan MA, terkait tindak lanjut putusan ini.

“ sampai saat ini, bpjs kesehatan cabang diseluruh indonesia, belum dapat menerapkan putusan MA. Karena hingga hari ini bpjs kesehatan di daerah belum mendapatkan salinan putusan dari bpjs pusat”. Tutur Joyce.

Ditanya upaya apa yang telah dilakukan oleh bpjs cabang Tarakan terkait belum bisanya penerapan tersebut, Joyce menjawab, pihaknya selalu berkoordinasi dngan bpjs pusat.

“Kami selalu berkoordinasi dengan bpjs pusat terkait putusan ini, karena fungsi kami di cabang hanyalah menjalankan instruksi dari pusat, sebagai pusat pelayanan di daerah masing masing.” Tambah Joyce.

” Tidak ada alasan pihak kami tidak menjalankan apa yang menjadi putusan MA tersebut, jika salinan pususan dari pusat sdh sampai dimeja kami”. Tutupnya.  (Ken)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: