Bupati Malinau Ajak Manfaatkan Produk Lokal

by Redaksi Kaltara
Malinau- Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Senin (17/08).
Upacara berjalan hikmat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Petugas pengibar bendera yang merupakan Purna Paskibra diantaranya Ryan Nataniel (SMAN 1 Malinau), Septrialova Jalung (SMAN 1 Malinau) dan Wahyu Bintang Pratama (SMK 2 Malinau), sukses melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.
Selanjutnya, Dr. Yansen TP, M.Si menyampaikan amanatnya bahwa tema peringatan HUT RI Ke-75 ini adalah “Indonesia Maju” dan subtema “Dengan Kreativitas Nasionalis Kebangsaan Kita Wujudkan Rasa Bangga Terhadap Produk Menggunakan Produk Lokal Menuju Indonesia Maju Di Kabupaten Malinau”.
Indonesia Maju merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini sekaligus menjadi sebuah simbolisasi dari negara Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan persatuan dan kesatuan.
Kemajuan suatu negara kata Dr. Yansen, tidak semata dilihat dari pembangunan industrialisasinya yang besar. Akan tetapi pembangunan dan kemajuan yang sesungguhnya tergambar dalam sejauh mana masyarakat turut menikmati dan terlibat dalam membangun bangsanya.
“Sesungguhnya kekuatan dan kemandirian rakyatlah yang menjadi landasan utama tegak kokoh berdirinya sebuah negara,” jelasnya.
“Kita harus jujur bahwa tujuan utama negara kita adalah mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dan itu artinya kemandirian secara individual di bidang sosial, ekonomi dan budaya,” imbuhnya.
Karena itu Dr. Yansen merasa bersyukur karena sudah cukup banyak produk lokal yang telah dihasilkan oleh UMKM Malinau seperti batik, handcraf, aneka produk tas rotan serta aneka produk kuliner. Berbagai produk ini telah dikenal sampai ke luar daerah bahkan sampai ke tingkat nasional.
“Pemanfaatan produk lokal ini merupakan langkah strategis dalam menghidupkan dan memperkuat perekonomian rakyat dan daerah,” ucapnya.
Demikian juga pada sektor pertanian dalam arti luas juga memberi peluang besar menghidupkan ekonomi rakyat dan daerah. Kebijakan program unggulan beras daerah tidak hanya menciptakan ketahanan pangan daerah tetapi juga menjadi kekuatan dan penopang kehidupan perekonomian rakyat secara berdaya guna dan berkesinambungan.
“Indonesia Maju perwujudan dari kemajuan yang telah tercapai di setiap kabupaten/kota di Indonesia. Kabupaten Malinau maju menggambarkan Indonesia maju di wilayah Provinsi Kalimantan Utara,” ungkapnya.
Dr. Yansen TP juga menyampaikan bahwa Upacara HUT RI Ke-75 tahun ini merupakan kesempatan terakhir baginya sebagai Inspektur Upacara. Sebagai Bupati Malinau bersama dengan Wakil Bupati Malinau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama dan kerja keras selama ini dalam membangun Malinau.
“Teruslah kita semua bersemangat dan bekerjasama mewujudkan Malinau hari ini dan ke depan maju dan sejahtera,” ucapnya.
Selain itu, Dr. Yansen juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Malinau. Jika ada kekurangan dan kekhilafan yang telah dilakukan langsung maupun tidak langsung, melalui tutur kata dan perbuatan.
“Semoga kita diberi berkah yang melimpah dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan kita masing-masing. Semoga apa yang telah kita lakukan demi bangsa dan negara hari ini menjadi catatan penting dalam mengukir prestasi bangsa yang semakin jaya,” tuturnya. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: