Bupati Melantik Tiga Kades di Malinau

Rabu, Juni 26th 2019. | Malinau

MALINAU – Seyogianya pelantikan Kepala Desa dilantik secara serentak di satu gedung yang dihadiri oleh para pejabat. Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten Malinau membuat inovasi baru dimana pelantikan Kepala Desa dilakukan ditengah-tengah masyarakat. Seperti yang dilaksanakan pada Selasa (25/6) kemarin, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si melantik tiga Kepala Desa secara bergantian di masing-masing desanya. Dimana di awali di Desa Sempayang, lalu dilanjut ke Desa Taras dan terakhir di Desa Kuala Lapang yang mana dihadiri langsung oleh masyarakat. Usai melakukan pelantikan, Bupati mengatakan bahwa fenomena pelantikan yang dilakukan saat ini tentu akan menjadi sebuah kebanggaan dan bahagia tersendiri. Apalagi disaksikan langsung ditempat atau di wilayahnya.

Foto: Humas

“Selama ini kesannya kalau di gedung tentu merasa terhormat karena tempatnya. Tapi sebenarnya yang persoalan pelantikan kepala desa harus berdampak pada masyarakat itu sendiri,” jelas Yansen.

Apalagi, menurut dia, saat ini menjalankan pemerintahan berdasarkan gerakan desa membangun (Gerdema). Dimana, masyarakat itu sebagai kekuatan pembangunan.

“Sebab itu masyarakat harus diberi motivasi dan sugesti dengan dilantiknya pemimpin yang dipilih ditengah-tengah mereka. Sehingga masyarakat memiliki tanggungjawab dengan kepala desa. begitu pula kepala desa yang dilantik ditengah masyarakat mempunyai sikap dan bertanggungjawab. Karena dilantik di depan warganya dan pernyataan sikap pun didengar oleh masyarakat,” jelasnya.

Dengan demikian, sambung dia, apa yang diucapkan oleh pimpinannya tersebut tentu dapat disaksikan secara langsung. “Sehingga memiliki kekuatan untuk bersama-sama saling bertanggungjawab dalam membangun desanya,” katanya.

Selain itu, kata dia, hal yang terpenting menjadi perhatian dalam pelantikan ini adalah bagaimana pembangunan itu dapat berjalan secara konsisten. “Karena itu, saya tidak melakukan pelantikan secara seromonial yang hanya ada di Kantor dan disaksikan oleh para pejabat. Akan tetapi, dilantik di desa sehingga ada rasa kebanggan bagi masyarakat,” jelasnya.

Diharapkan juga, kata dia, masyarakat memiliki rasa kepercayaan dalam membangun dan menumbuhkembangkan sistem pemerintahan desa yang ada di lapangan. “Jadi tidak hanya pelantikan ini saja, tapi pelantikan juga dapat dilakukan di beberapa desa lainnya lagi,” katanya.

Disamping itu juga, lanjut Yansen, dengan disaksikan tokoh agama, tokoh masyarakat lembaga desa serta warga di masing-masing RT tentu memiliki budaya yang harus dijalankan ke depannya. “Jadi jangan lagi di gedung atau dikantor. Tapi harus ditengah masyarakat sehingga ada semangat dalam pelantikan itu, baik dari pimpinan desa maupun warganya,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, kepada tiga kepala desa yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tiga fungsi utama, yakni pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. “Demikian juga kepala desa harus mengerti persoalan yang ada sekarang. Jadi bukan soala siapa dia dilantik. Tapi bagaimana semua masyarakat juga dapat tersentu,” katanya.

Karena diakuinya, setiap masing-masing desa itu memiliki penyelenggaran desa dan melakukan pembangunan. “Jadi saya harapkan kepala desa harus mampu merangkul semua baik itu aparat desa, tokoh masyarakat, agama serta lembaga-lembaga yang ada di desa. Jadi semua harus dilibatkan dalam membangun untuk menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.
Untuk diketahui, Kepala Desa yang dilantik hari pertama di Kecamatan Malinau Barat diantaranya, Aprem, S.Th menjabat Kepala Desa Sempayang periode 2019-2025. Lalu kemudian, Simon Daniel menjabat Kepala Desa Taras periode 2019-2025 dan Royanto,S.Pd.K. M.Si menjabat Kepala Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat. (man/Hms)

tags: ,

Related For Bupati Melantik Tiga Kades di Malinau