Panen Pedet Hasil Teknologi IB Di Desa Luso

Rabu, Juli 3rd 2019. | Malinau

Malinau – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si didampingi FKPD Kabupaten Malinau,Ketua TP.PKK Kabupaten Malinau, Sekretaris Daerah serta Kepala Dinas Pertanian melakukan Panen Pedet Hasil Teknologi Inseminasi Buatan ( IB ) Program Upaya Khusus Sapi Indukkan Wajib Bunting ( UPSUS SIWAB ) dalam upaya percepatan peningkatan populasi ternak sapi di Kabupaten Malinau. Dilokasi lahan milik petani ternak pedet didesa Luso kecamatan Malinau Utara, Rabu (3/7).

Bupati Yansen TP menyampaikan bahwa motivasi yang utama adalah mereka sadar bahwa beternak itu menghasilkan tidak hanya untuk konsumsi tapi untuk kebutuhan yang lainnya, selain untuk dijual dan banyak efek-efek positifnya. “Kalau kita memberi rangsangan berupa dana belum tentu berhasil tapi dengan motivasi kesadaran bahwa berternak itu menghasilkan keuntungan yang lebih besar, saya kira itu lebih kuat, “Ucapnya saat diwawancari usai acara.

Harus dipahami bahwa ternak sapi ini kebutuhannya bukan hanya lokal saja tapi bisa nasional bahkan internasional tergantung bagaimana kualitas ternak kita.

“Untuk kebutuhan hewan qurban tidak usah mengambil diluar ambil ternak Malinau, kita konsisten berapa kebutuhan untuk qurban, ambil dari peternak Malinau. Mulai sekarang direncanakan,” tegasnya.

Bupati berharap Malinau harus menjadi lumbung ternak sapi untuk kawasan Kaltara. Dan untuk kawasan ternak kita dorong petani yang mempunyai lahan yang cukup luas supaya berdaya guna dan produktif. Kenapa? Secara tidak langsung peternak memelihara lahannya yang ada sebagai lahan yang produktif untuk jangka panjang untuk bertani.

“Kalau sudah seperti itu pemerintah harus mendorong terus dengan cara pembinaan, pendampingan dan sebagainya. Kalau ada yang berkaitan dengan penyediaan kebutuhan hewan ternak yang tidak bisa dilakukan peternak kita spot tentu seimbang mengenai yang lain-lain juga,” pungkasnya.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan Piagam penghargaan Panen pedet hasil hasil teknologi IB UPSUS SIWAB oleh Bupati Malinau kepada petani perternakan. (Hms)

tags: ,

Related For Panen Pedet Hasil Teknologi IB Di Desa Luso