Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan Bagi Tenaga Pekerja Informal

Kamis, Desember 26th 2019. | Kaltara, Tarakan

Tenaga Kerja Buruh Bangunan (Foto : Supriyadi)

 

TARAKAN, MK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan  kini memperluas manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi para tenaga pekerja perusahaan Formal maupun perusahaan Informal yang ada di Indonesia.

Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk tenaga kerja Informal penting di lakukan sebagai bentuk tanggung jawab negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia.

Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja Informal dikarenakan merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang bekerja di banyak profesi kerja seperti Petani, Nelayan,  Pedagang, Dan Lainnya.

Kepala Bidang Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan, Aziz Sulaiman mengatakan hingga saat ini pekerja kategori informal yang ada di Kalimantan Utara sekitar 9.300 orang yang berkecipung di bidang profesi Nelayan Dan Pedagang.

Dari seluruh daerah yang ada di Kalimantan Utara, Kota Tarakan pemegang tinggi kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan. Hingga saat ini, di Kalimantan Utara Peserta BPJS Ketenagakerjaan tertinggi ada di Kota Tarakan, dari 9.300 Kota sekitar 55 Persen Kota Tarakan dan paling banyak orang juata laut mencapai 90 Persen.” Ujarnya Aziz Sulaiman

Pekerja informal bisa terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan di Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Dan Jaminan Kematian, dengan iuran mencapai 16.800 perbulan. Pembayaran iuran bisa melalui Bank, bahkan sekarang ini BPJS ketenagakerjaan sudah memiliki agen perisai (Penggerak Sosial Jaminan Indonesia).

Salah satu syarat bagi pekerja informal yang ingin mendaftar di BPJS Ketenagakerkjaan harus memiliki kegiatan ekonomi, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi Masyarakat dikarenakan Jaminan BPJS Ketenagakerjaan menanggung semua Perserta yang terdaftar Mulai dari pengobatan hingga sembuh dan kembali bekerja, bahkan jika tidak bisa kembali bekerja, Beasiswa dari Perguruan Dasar sampai Perguruan Tinggi akan di tanggung.” Tambahnya

“Harapannya Seluruh Pekerja Informal Maupun Formal yang ada Kalimantan Utara bisa terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan. “ tutupnya (SR25/Net)

tags:

Related For Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan Bagi Tenaga Pekerja Informal