Presiden Jokowi Akan Bermalam di Titik Nol IKN

by Redaksi Kaltara

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Arih Franata Filifus

Samarinda, MK – Orang Nomor Satu di Indonesia Presiden Ir. H Joko Widodo berencana akan bermalam di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN). Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mempersiapkan fasilitas-fasilitas yang digunakan oleh Presiden RI untuk bermalam di wilayah titik nol IKN dalam waktu dekat ini.

Demi kelancaran kegiatan tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Timur menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut mengambil peran sesuai dengan tugas dan fungsi dari Perhubungan.

Ditemui diruang kerjanya, Kamis (10/3/2022) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Arih Franata Filifus (AFF) Sembiring menjelaskan hingga kemarin pihaknya telah melakukan peninjauan di lapangan langsung. Tujuan kunjungan tersebut untuk mengatur pengalihan kendaraan operasional untuk lokasi tersebut tepatnya di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri PT. ITCI Hutani Manunggal (IHM).

“Lokasi Istana Negara atau titik nol IKN ini masuk di wilayah PT IHM. Oleh sebab itu, pihak yang terlibat di dalam kelancaran kegiatan ini telah mengatur rekayasa lalu lintas kendaraan operasional perusahaan agar tidak mengganggu kegiatan Presiden Jokowi. Akses jalan yang selama ini dipakai untuk mengantar kayu ke Pelabuhan adalah jalan yang nantinya digunakan menuju titik nol. Nah, karena Presiden dan Gubernur se-Indonesia akan bermalam di sana maka jalan operasional itu kami tutup,”jelas Kadis Perhubungan Kaltim.

Ia menuturkan, dari pihak perusahaan juga tidak menolak permintaan pemerintah dan menuruti hal tersebut, dengan membuat rute baru untuk kelancaran pengantaran kayu ke jalan utama (provinsi) menuju Pelabuhan.

Selain membuat jalan hauling baru, PT IHM juga bersedia tidak melakukan aktivitas selama tiga hari berturut-turut ketika Presiden Jokowi dan Gubernur se-Indonesia bermalam (kemping) di titik nol IKN Nusantara, sambungnya.

Dibeberkannya, pada saat mengatur jalur untuk kendaraan Perusahaan kemarin,  dirinya melihat banyak petugas dari Kepolisian, TNI, Dinas PU, Dinas Kebersihan. Terlihat juga pihak PLN dan Telkom memasang alat-alat dari jaringan telekomunikasi, toilet, kamar mandi hingga penerangan untuk persiapan Presiden Jokowi dan Gubernur – Gubernur bermalam di titik nol IKN.

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.