Waspada!!! Ada 16 Titik Jalan Beresiko Kecelakan di Kaltara

Rabu, Mei 22nd 2019. | Headline, Tanjung Selor

CEK KESEHATAN: Tampak salah satu supir bus Damri diperiksa kesehatannya sebelum melakukan perjalanan, Rabu (22/5)

TANJUNG SELOR, MK – Setelah melakukan Rampcheck kendaraan bus Damri, kini giliran Driver (supir) dilakukan cek kesehatan serta tes urine oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara bekerjasama dengan Ditlantas Polda Kaltara dan PT. Jasa Raharja di Pasar Induk, Tanjung Selor, Rabu (22/5/2019) sekira pukul 09.00 WITA.

Dikatakan Dirlantas Polda Kaltara Kombes Pol Noviar bahwa kegiatan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan untuk pengemudi dan krunya untuk mengetahui apakah para supir tersebut negatif narkoba dan layak kesehatan.

“Kemarin pemeriksaan kendaraannya hari ini Drivernya, ini bagian dari upaya kita untuk mendukung pengamanan lebaran tahun 2019 agar berjalan tertib, aman, dan lancar. Saya berpesan kepada driver-driver Damri supaya mengutamakan keselamatan,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Rabu (22/5)

“Cek kendaraannya dulu sebelum berangkat, kemudian kondisi kelelahan harus diperhatikan jangan dipaksa dan kecepatan harus dikendalikan saat kita operasi,” sambungnya.

Lebih lanjut ia meminta kepada para supir Damri agar lebih berhati-hati dalam membawa kendaraan. Pasalnya terdapat beberapa titik jalan yang beresiko kecelakan, baik itu Rute Tanjung Selor-Berau maupun rute Tanjung Selor-Kabupaten Tana Tidung (KTT) sampai ke Malinau. Disamping itu, kondisi jalan saat ini masih dalam tahap pemeliharaan oleh pemerintah.

“Kalau di data kita Jalur Tanjung Selor-Berau itu ada 6 titik yang berlubang tapi kalau yang permanen itu didaerah kilo 30 itu yang ada Black Area, jadi pada saat naik puncak itu turunnya tajam jadi hilang pandangan. Kalau yang di Malinau sampai di Tanjung Selor, KTT sama, sekitar kurang lebih 10 titik, sebagian berlubang dan masih pemeliharaan,” ungkapnya.

“Kalau bicara black spot bukan rawan kecelakan cuman daerah-daerah yang perlu diantisipasi supaya resiko kecelakaan tidak terjadi karena berbicara black spot khusus  di Polda Kalimantan Utara ini titik black spot ngga ada,  hanya resiko-resiko akan terjadinya kecelakaan akibat kecepatan yang melampaui batas kemudian tidak konsentrasi karena terpengaruh minuman alkohol itu aga tinggi khususnya  yang motor-motor kalau malam kecelakaan karena pengaruh alkohol,” bebernya.

Masalah penerangan jalan, juga diakuinya sebagai salah satu penyebab terjadinya kecelakan. Sehingga tidak jarang pengemudi yang mudik khususnya yang berangkat malam itu mengalami insiden di tengah perjalanan.

“Ada kerusakan sedikit terutama penerangannya jalan kurang. Jadi kalau pengemudi yang tidak tahu situasi jalan utamanya kondisi cuaca gelap atau malam hari, itu resiko off control atau karena ada lubang tadi, mau menghindar malah kecelakaan ini yang beresiko tinggi.  Oleh karena itu berani cepat resikonya tinggi, kendalikan aja kecepatan utamakan keselamatan sampai tujuan,” terangnya. (as)

tags: , ,

Related For Waspada!!! Ada 16 Titik Jalan Beresiko Kecelakan di Kaltara