Waspada Covid-19, KONI Kaltara Gelar Rapid Test

by Muhammad Aras

TANJUNG SELOR, MK – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar pemeriksaan rapid test bagi seluruh pengurus dan warga di sekitar Sekretariat KONI Kaltara, Gang Kumis, Tanjung Selor pada Jumat (5/6). Ada 80 pcs rapid test yang disiapkan KONI Kaltara. “Ini inisiatif KONI dalam berpartisipasi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kaltara,” kata Ketua Umum KONI Kaltara, Muhammad Nasir.

Pelaksanaan rapid test dilakukan dokter Sinrang, yang juga ketua bidang kesehatan KONI Kaltara. “Bila ada dinyatakan reaktif, KONI Kaltara akan segera berkoordinasi dengan gugus tugas untuk teknis selanjutnya,” tuturnya.

Selanjutnya, pemeriksaan serupa akan dilakukan kepada para atlet yang tengah mengikuti pemusatan latihan untuk PON ke-20/2021. “Atlet mendapat prioritas karena stamina dan kesehatan mereka harus tetap terjaga jelang PON ke-20 tahun depan,” jelasnya.

Sementara itu, dokter Sinrang, ketua bidang kesehatan KONI Kaltara menuturkan, rapid test merupakan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus. “Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona. Jadi, rapid test disini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau Covid-19. Sehingga kalau ada yang terdeteksi, dapat melakukan pencegahan agar jumlah kasus tidak semakin bertambah,” tutupnya.(humas)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: