Kapolda : Pulau Sebatik Jangan Jadi Wilayah Abu-abu

by Metro Kaltara

Sebatik-Metrokaltara.com: Kunjungan Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Andayono ke Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara bersama Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono untuk melihat dimana wilayah teritorial bagian dari NKRI yang terjauh yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia.

“Sebagai penegak hukum penting baginya untuk mengetahui kehidupan diperbatasan, kehidupan masyarakatnya seperti apa dan aparat penegak hukum yang berada di perbatasan itu seperti apa. Karena hukumnya berbeda antara Indonesia dan Malaysia selaku bagian dari Negara Hukum”. Ungkanya.

Setibanya di Pulau Sebatik yang langsung berbatasan darat dengan Negara tetangga Malaysia tersebut, Kapolda merasa senang melihat begitu siapnya dari TNI baik dari unsur Darat, Laut dan Udara yang selalu menjaga wilayah perbatasan Negara Kepulauan Republik Indonesia.

Sedangkan dari Kepolisian membackup suatu yang berkaitan dengan masalah Kamtibnas dan Badan Hukum dan Lintas Batas. “Kita sadar biasanya di wilayah “Border Line” atau garis-garis seperti ini akan sangat mungkin terjadi penyelundupan, Narkoba, senjata dan Traficking”. Ujar Andayono.

“ Oleh karena itu wilayah perbatasan ini harus dijaga ketat terus jangan sampai menjadi wilayah Abu-abu, karena teroris masih selalu ada di Negara kita. Dan sangat dibutuhkan peran serta semua yang ada disinilah yang sangat diharapkan harus kompak dulu dalam menjaga keutuhan NKRI”. Lanjut Andayono.

Sebelum meninggalkan Pulau Sebatik dengan menggunakan Helikopter, Kapolda berpesan dengan harapan besar agar aparat penegak hukum dan masyarakat setempat bisa tetap menjaga keutuhan NKRI, “Wilayah kita jangan pernah dijarah walaupun hanya sejengkal dan jangan pernah kita menjadi bangsa yang pecundang”. Tegasnya.

Reporter: Muhammad Syawal

Editor: Muhammad Reza R.

Related Articles

1 comment

Achmad Himawan Oktober 23, 2014 - 9:49 pm

Seharusnya pemerintah pusat meenjadikan perbatasan sebagai pintu gerbang untuk menarik wisatawana manca negara bukannya malah plesiran ke perbatasan untuk menghabiskan anggaran.

Reply

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: