Polisi Amankan Belasan Remaja Balap Liar di Jalan Sengkawit

Kamis, Mei 30th 2019. | Headline, Tanjung Selor

RESAHKAN WARGA: Belasan anak remaja beserta motor miliknya diamankan petugas PJR Ditlantas Polda Kaltara di Jalan Sengkawit, Kamis (30/5)

TANJUNG SELOR, MK – Belasan anak remaja diamankan petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Kaltara lantaran melakukan aksi balapan liar di Jalan Sengkawit, Tanjung Selor, pada Kamis (30/5/2019) pagi. Selain mengamankan para anak tersebut, petugas PJR juga memberikan surat tilang terhadap 10 unit kendaraan yang digunakan balapan liar.

Saat dikomfirmasi melalui sambungan telpon seluler, Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Dirlantas Polda Kaltara Kombes Pol Noviar membenarkan adanya sejumlah anak-anak dibawah umur yang diamankan oleh jajarannya.

Dikatakannya, para anak-anak tersebut diamankan lantaran aksi balapan liar yang mereka lakukan selepas ibadah sholat subuh sangat meresahkan warga. Selain itu, ulah mereka sangat membahayakan pengendara lain.

“Sudah ada masuk laporan bahwa ada 10 kendaraan telah diamankan oleh anggota,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Kamis (30/5).

Ia menuturkan untuk kendaraan sementara diamankan agar tidak mengulangi aksi balapan liar, sedangkan para anak-anak tersebut diberikan pembinaan agar tidak kembali melakukan balapan liar yang bisa membahayakan nyawa mereka.

“Kendaraannya sementara ditahan sesuai prosedur proses tilang, kalau yang anak-anaknya itu diberikan pembinaan. Karena mereka ini bukan bukan anak-anak yang kerjanya balapan liar. Mereka ini baru semua jadi kita panggil orangnya suruh arahkan ke hal-hal yang baik, suruh ke masjid misalnya” tuturnya.

Pria berpangkat tiga melati ini menghimbau kepada orang tua agar lebih ekstra memberi perhatian dan pengawasan kepada anak-anaknya terutama dalam berkendara. Apabila belum cukup umur, lanjutnya, sebaiknya jangan dibiarkan membawa kendaraan karena itu sama saja memberi kebebasan kepada sang anak.

“Untuk para orang tua, janganlah serta merta dikasih kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur apalagi belum memiliki kemampuan berkendara dengan baik, utamanya dari sisi pengetahuan aturanlalulintas dan hukum. Kemudian anak-anak ini kan masih labil sehingga kadang mereka ugal-ugalan berkendara,” terangnya.

Untuk diketahui, penertiban ini dilakukan karena banyaknya laporan warga di media sosial yang resah akan aksi balap liar selama bulan ramadan. Agar tidak kembali melakukan balapan liar, sepuluh motor yang diamankan oleh polisi ditahan dalam proses Tilang. (as)

tags: , ,

Related For Polisi Amankan Belasan Remaja Balap Liar di Jalan Sengkawit