Puluhan Juru Parkir Liar Terjaring Razia

by Setiadi
Puluhan juru parkir liar yang diamankan petugas kepolisian dan dinas perhubungan.

Puluhan juru parkir liar yang diamankan petugas kepolisian dan dinas perhubungan.

Kalbar, MK – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pontianak gencar mengawasi perpakiran di Kota Pontianak dengan patroli dan razia. Bersama jajaran Sabhara Polda Kalbar, Dishubkominfo berhasil menjaring puluhan juru parkir yang tidak memiliki identitas jukir di sejumlah lokasi berbeda di Kota Pontianak, Selasa (8/3) sore.

ā€œPenertiban ini kita fokuskan terhadapĀ seluruh juru parkir khususnya yang tidak memiliki kartu identitas resmi dikeluarkan olehĀ Dishubkominfo,ā€ kata Kepala Dishubkominfo Kota Pontianak, Utin Sri Lena kepada Metro Kaltara.

Ia menjelaskan, berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2011, tarif retribusi parkir untuk kendaraan roda duaĀ sebesarĀ Rp 1.000, sedangkan roda empat Rp 2 ribu dan roda 6Ā  Rp 4 ribu. ā€œKita juga memasang baliho pengumuman tarif parkir resmi di sejumlah lokasi supaya juru parkir mematuhi ketentuan tarif yang berlaku,ā€ tegasnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat yang resah terhadap juru parkir yang menarik tarif di luar ketentuan. “Kita harap masyarakatĀ proaktif melaporkan ke Dishubkominfo, apabila menemukan juru parkir yang meminta tarif diĀ luar ketentuan, sebab hal tersebut merupakan tindakan pemerasan,ā€ bebernya.

Sedangkan bagi juru parkir yang memiliki kartu identitasĀ namunĀ masa berlakunyaĀ telah habis, turut ditertibkan petugas. ā€œKita akan menerapkan tindak pidana ringan (tipiring) terhadap mereka untuk diajukan ke Pengadilan Negeri Pontianak,ā€ tuturnya. (Lyn/MK*1)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: