1.520 KPM PKH Malinau Terima Bantuan Sosial Beras dari Kementerian Sosial

by Redaksi Kaltara
Malinau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) melaunching Bantuan Sosial Beras (BSB) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial untuk Kabupaten Malinau tahun 2020 berlangsung di halaman Kantor Camat Malinau Kota, pada Kamis (08/10).
Dalam sambutannya Plt. Bupati Malinau Dr. Topan Amrullah, S.Pd, M.Si menerangkan bahwa PKH merupakan program prioritas nasional dalam upaya menuntaskan kemiskinan. Program ini bersyarat pada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai KPM PKH. Ini merupakan program dari Kementerian Sosial Republik Indonesia sesuai dengan peraturan Dirjen Kemensos nomor 322 tahun 2020 tentang pemberian bantuan sosial beras dengan menerapkan protokol kesehatan.
“Jadi mohon maaf ibu-ibu terpaksa berdiri dan jaraknya diatur. Jika biasanya kita agak rapat tapi karena kondisi Covid-19 sehingga harus jaga jarak,” ujarnya.
KPM PKH sendiri kata Dr. Topan, adalah keluarga atau seseorang yang miskin dan rentan ditetapkan sebagai penerima program keluarga harapan yang tercatat pada bulan Juli 2020.
“Beras yang dibagikan ini berisi 15 kg perbulannya dan terhitung dari bulan Agustus sampai dengan Oktober dijadikan 1 maka jadi 45 kg beras yang dibagikan kepada KPM PKH hari ini. Mengingat kondisi letak geografis kita yang jauh maka launchingnya baru bisa kita laksanakan bulan ini,” jelasnya.
Karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Malinau Dr. Topan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang telah membantu masyarakat Kabupaten Malinau melalui bantuan sosial beras bagi KPM PKH.
Dr. Topan juga berharap bantuan ini dapat membantu kelangsungan hidup selama masa pandemi. Paling tidak meringankan beban untuk kebutuhan pangan bagi keluarga KPM PKH selama masa pandemi Covid-19.
“Jadi jangan dilihat jumlahnya tetapi dimulai dari keseriusan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 yang kita tidak tahu sampai kapan akan berakhir,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) Tin Alfarida, SH., MM mengatakan bahwa jumlah keseluruhan KPM PKH Kabupaten Malinau yang menerima bantuan sosial beras ini sebanyak 1.520 KPM yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Malinau.
“Kecamatan Malinau Kota sebanyak 218, Kecamatan Malinau Utara 547, Kecamatan Malinau Barat 317, Kecamatan Mentarang 172, Kecamatan Malinau Selatan Hilir 72, Kecamatan Malinau Selatan Hulu 135 dan Sungai Tubu 59 KPM,” jelasnya.
Program bantuan sosial beras bagi KPM PKH dari Kementerian Sosial ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin melalui pemenuhan sebagian kebutuhan selama masa pandemi Covid-19.
“Penyaluran bantuan sosial beras ini sendiri menggunakan Beras Medium Bulog sesuai dengan kebijakan yang berlaku oleh pemerintah pusat,” tuturnya. (ian/red)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: