Pentingnya Persiapan Menghadapi Mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Rabu, Mei 29th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Dirbinmas Polda Kaltara Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra

TANJUNG SELOR, MK – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H/ 2019 M, perlu ditingkatkan lagi kewaspadaan dan persiapan ketika akan melaksanakan salat Tarawih dan Salat Subuh di mesjid agar pintu jendela rumah ditutup dan dikunci agar aman. Bila membawa kendaraan ke manapun agar dikunci double atau diperhatikan faktor keamanan sehingga tidak menjadi korban pencurian begitu juga kompor, kompor listrik, setrikaan listrik agar dimatikan terlebih dahulu agar tidak terjadi kebakaran.

Yang akan mudik menggunakan kendaraan dan mengemudikan sendiri agar istirahat yang cukup, periksa kendaraan atau di service terlebih dahulu mesinnya, baik itu remnya, minyak rem, lampu penerangan, dan air radiator. Bannya harus baik dan membawa ban serep, perlengkapan surat-surat, dongkrak, kunci roda dan peralatan lain. Kemudian obat-obatan kotak P3K, siapkan fisik, bila lelah atau mengantuk segera berhenti istirahat di tempat yang aman. Jangan menggunakan miras dan menggunakan narkoba agar tidak terjadi kecelakaan. Kemudian persiapkan perlengkapan untuk di perjalanan Jangan sampai ada yang tertinggal .

Rumah yang akan ditinggalkan dipastikan aman, dipersiapkan kunci-kunci pintu, jendela ditutup dan dikunci, lampu alat Elektronika yang dapat menyebabkan kebakaran agar dimatikan. Titipkan kepada saudara yang tidak mudik,, ketua RT, petugas PAM Swakarsa kamling, satpam, tetangga yang dapat dipercaya.

Bila belanja ke pasar atau pertokoan jangan memakai perhiasan yang berharga seperti gelang, kalung emas, membawa tas dan dompet agar benar-benar aman dalam pengawasan. Jangan jalan di lokasi yang sepi agar aman dari gangguan pencuri. Untuk yang menggunakan speedboat, kapal laut jaga keselamatam jangan sampai melebihi kapasitas penumpang serta kenakan life jacket (jaket pelampung).

Kita semua adalah bersaudara mari kita saling mencintai, menyayangi, mengasihi untuk saling mengingatkan, saling membantu dan saling menghormati saudaranya yang sedang melaksanakan ibadah puasa agar menjaga kesabaran dan melaksanakan ibadah dengan baik. Bila ada tempat hiburan yang kurang layak dimohon dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi bulan puasa.

Ormas, LSM jangan melaksanakan razia-razia, bila mengetahui ada yang melakukan hal-hal yg melanggar aturan, hukum atau norma-norma yang berlaku. Segera saja laporkan ke aparat yang berwenang. Bila mengetahui ada yang tidak sesuai dengan ketentuan aturan, melanggar hukum, biar aparat yang berwenang dalam menegakkan hukum yang berlaku,

Begitu juga dengan yang hobi atau senang membakar mercon petasan, kembang api jangan dilakukan karena membuang uang dengan sia-sia. hal itu juga bisa mendatangkan musibah kecelakaan, hancurnya tangan dan badan karena ledakan serta bisa menimbulkan kebakaran rumah, yang dapat mengakibatkan kesedihan, karena akan menghadapi permasalahan hukum dan akan masuk penjara bila melakukan pelanggaran, menggunakan, membawa, membuat dan berdagang petasan mercon.

Himbauan di atas agar kita tetap tenang, rukun, damai, aman dan fokus melaksanakan ibadah puasa yang sebentar lagi selesai. Semoga mendapatkan hadiah dari Allah subhanahu wa ta’ala yaitu mendapat pahala 1000 Bulan dan kita semua masuk surga, aamiin. Selamat  mudik dan dapat bertemu keluarga dengan selamat, selesai bersilaturahmi dengan keluarga semoga kembali ke rumah dalam keadaan sehat dan selamat. Semoga diakhir bulan puasa ini dapat menggapai Lailatul Qadar,,,aamiin. (*)

tags: ,

Related For Pentingnya Persiapan Menghadapi Mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H