Sudah Inkrah, 26 Napi Dikirim ke Nunukan

Kamis, Mei 2nd 2019. | Headline, Tanjung Selor

PENGIRIMAN NAPI: Tampak isak tangis dari para kelurga napi saat diberangkatkan ke Lapas Nunukan.

TANJUNG SELOR, MK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulungan kembali melakukan pengiriman narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Nunukan setelah divonis  tetap (inkrah) oleh Pengadilan Negeri Tanjung Selor.

Para napi dikirim lantaran belumnya adanya Lapas di Bulungan yang bisa menampung para Narapidana ini. Selain itu, keterbatasan ruang tahanan di Polres Bulungan membuat pihak Kejaksaan Bulungan mengirimnya ke Lapas Nunukan.

“Ada 26 napi yang kita kirim lagi ke Nunukan,” ungkap Kasi Pidum Kejari Bulungan Andita Rizkianto kepada Metro Kaltara, Kamis (2/5).

Dengan menggunakan speed boat reguler SB Dua Putra Express tujuan Nunukan, para napi ini dikawal ketat oleh personel kepolisian dan petugas dari Kejari Bulungan. Dari 26 napi ini tiga diantaranya adalah perempuan dan 23 laki-laki. Sementara kasus yang paling dominan adalah narkoba.

“Dominan yang kita kirim adalah pelaku dengan kasus narkoba, yang mencapai 13 orang dari jumlah napi lainnya,” imbuhnya.

Ia menuturkan pengiriman dilaksanakan hanya sekali di bulan Mei ini. Karena saat bulan puasa berlangsung sudah tidak ada kegiatan pengiriman. Untuk itu sebelum masuknya bulan puasa, Kejari Bulungan melakukan pengiriman untuk yang kesekian kalinya.

“Sedangkan kalau puasa nanti sudah tidak ada, karena efektifnya hanya 3 minggu setelah libur panjang,” bebernya.

Berdasarkan pantauan, sebagaian napi yang diberangkatkan sangat terpukul karena harus meninggalkan keluarganya, terutama anak dan istrinya. Tampak saat akan dinaikkan dalam speedboat, begitu erat memberikan pelukan kepada keluarganya lantaran hukuman yang akan dijalani rata-rata diatas 5 tahun.

“Jaga diri baik-baik ya nak, bapak jalan dulu,” ucap salah satu napi kepada anaknya.

Setelah keberangkatan 26 napi ini, jumlah tahanan jaksa sebanyak 67 orang. Tahanan Polres sebanyak 35 orang dan tahanan polda 7 orangt. Sehingga total yang ada dalam rutan Polres Bulungan  saat ini sebanyak 109, diantaranya 106 laki-laki dan 3 perempuan.

Sementara itu Kapolres Bulungan AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui KBO Sabhara IPDA Kasto menuturkan pihaknya selaku petugas pengamanan akan memberikan pengawalan dan pengamanan sampai ke daerah tujuan. “Saya bersama personel lainnya ada 10 orang, untuk berikan pengamanan. Tentunya bersenjatakan lengkap,” pungkasnya. (as)

tags: , , , , ,

Related For Sudah Inkrah, 26 Napi Dikirim ke Nunukan