12 Kabupaten se-Indonesia, Tana Tidung Bersaing di 3 Besar Penghargaan Pemda Terbaik 2023

by Isman Toriko

TIM PENILAI: Prof Rudiarto Sumarwono Anggota tim penilai independen PPD 2023 saat diwawancarai Media Metro Kaltara di Pendopo Djaparudin, Kamis (6/4) kemaren.

TANA TIDUNG, MK – Sebanyak 12 Kabupaten se-Indonesia lolos mengikuti penilaian tahap III penghargaan pembangunan daerah 2023, di mana salah satunya Kabupaten Tana Tidung.

Ke 12 kabupaten tersebut ikut bersaing untuk dapat masuk ke tiga besar penghargaan pembangunan daerah tahun 2023.

Anggota tim penilai independen penghargaan pembangunan daerah 2023, Prof Rudiarto Sumarwono mengatakan, bahwa kompetisi tersebut cukup berat. Kegiatan ini adalah Anugerah program pembangunan daerah.

Saat ini pemerintah melalui Bappenas menilai pelaksanaan pembangunan yang ada di seluruh pemerintah daerah di Indonesia,baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten dan kota.

Di mana, Kabupaten Tana Tidung sudah melewati tahap pertama,kedua, dan saat ini sedang dilakukan penilaian tahap ketiga.
Hal inilah yang nanti hasil pemenang- pemenang dari program anugerah pembangunan daerah itu.

“Hasilnya ini yang nantinya akan diumumkan pada saat Musrenbangnas di Jakarta. Kemungkinan presiden yang akan memberikan penghargaan langsung kepada daerah-daerah yang menang nanti,” katanya, saat diwawancari Media Metro Kaltara, Kamis (6/4) kemaren.

Menurutnya, biasanya yang akan diberikan penghargaan langsung oleh presiden adalah daerah yang masuk tiga besar.

Dalam hal tersebut tiga besar terdiri dari tiga provinsi, tiga kabupaten maupun tiga kota. Yang ada di masing- masing tingkatan.

Selanjutnya, para tim penilai nantinya akan segera melakukan rapat pleno untuk menentukan tiga besar tersebut.

“Penilaian tahap tiga itu adalah tahap akhir
Yang perlu dicatat, bahwa pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota, jika tidak masuk tiga besar, tidak perlu berkecil hati. Apapun hasil dari penilaian itu bersumber dari masyarakatnya sendiri,” ujarnya.

Jika masyarakat merasa pemerintah daerah memberikan program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, itulah kemenangan paling tinggi.

Kemaren katanya, tim penilai juga sudah meninjau beberapa titik inovasi yang yang telah diusulkan pemerintah Tana Tidung.

Diantaranya, Ada mina padi, pembenihan ikan, sentra walet, pusat pemerintahan yang baru, dan terakhir juga mengunjungi Kantor Perumda aneka usaha.

Sebagaimana yang saya sampaikan di awal, bahwa tahapan tersebut adalah memverifikasi apa yang disampaikan Bappeda di penilaian tahap II kemarin

“Kalau saya pribadi itu telah terlaksana dengan baik, dan itu memberi manfaat bagi masyarakat yang perlu dicatat bahwa inovasi-inovasi itu akan terus berkelanjutan baik sekarang maupun yang akan datang,” pungkasnya. (rko)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.