Menggapai Malam Lailatur Qadar

Minggu, Mei 26th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Dirbinmas Polda Kaltara Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra (kanan) saat foto bersama Dai Kondang asal Sulawesi Tengah, Ustaz Mahmud Ismail Tukara (kiri) beberapa waktu lalu.

TANJUNG SELOR, MK – Dibulan puasa menjelang akhir puasa kita umat muslim diseluruh Indonesia terkhusus warga muslim Kalimantan Utara fokus untuk ibadah. Saat ini kita sudah berada dipuasa ke 21, yang artinya tersisa 9 puasa lagi menuju hari kemenangan, hari yang fitrah yaitu Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, terdapat sebuah keistimewaan di dalamnya, yaitu adanya satu malam istimewa di antara 10 hari terakhir yang jika umat muslim beribadah dengan sungguh-sungguh maka itu lebih baik dari beribadah selama 1000 bulan.

Malam yang istimewa itu dikenal dengan istilah malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang tepat bagi umat muslim untuk memohon ampunan kepada Allah SWT di 10 hari terakhir.

Setiap umat muslim berharap mendapatkan kemuliaan di malam Lailatul Qadar. Mendapatkan malam Lailatul Qadar memang tidak mudah, karena tidak semua orang mendapatkannya. Dibutuhkan usaha yang tidak kenal lelah untuk selalu meningkatkan ibadah terutama di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana yang dipraktikan Rasulullah SAW.

Agar mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar, maka hendaknya memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan, hilangkan pemikiran yangg keterlaluan memikirkan keduniawian, politik, kekuasaan dan lainya tentang keduniawian yang keterlaluan karena itu ajakan setan/iblis yang selalu menyesatkan manusia dengan tipu dayanya untuk mengajak manusia masuk neraka, masuk penjara dan membuat penderitaan didunia dan akhirat bila mengikuti ajakannya.

Untuk mendapatkan malam seribu bulan, mari kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan berbuat kebaikan-kebaikan. Jadilah sebagai patriot bangsa yang baik dan sejati. Salah satu kriteria seorang patriot adalah seorang yang taat kepada aturan, ketentuan, norma, hukum dan perundang-undangan yang berlaku, serta melaksanakanya.

Contohnya sebagai Warga Negara Indonesia memiliki kewajiban untuk melaksanakan Sishankamrata (Sistim Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta) yang terkandung dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 30, jadi harus berperan aktif menjaga dan memelihara pertahanan dan keamanan.

Saudaraku dibulan puasa pada hari-hari terakhir ini mari kita berbuat kebaikan-kebaikan untuk ibadah kepada Allah untuk menggapai malam Lailatul Qadar yaitu malam seribu bulan dengan perbanyak bertaubat, berzikir, baca Alquran jangan lupa baca taf’irnya agar kita mengerti isinya, banyak beribadah sunnah, ibadah shalat malam, berzakat, bersodakoh, berbuat kebaikan-kebaikan kepada sesama saudaranya, semoga semua saudaraku mendapat malam Lailatul Qadar dan masuk surga dan semoga kita setelah selesai berpuasa dibulan Ramadhan, mendapat hidayah dan barokah untuk berbuat lebih baik lagi dari sebelumnya,,, aamiin. (*)

tags: , , ,

Related For Menggapai Malam Lailatur Qadar