Pentingnya Pensiunan TNI Dan Polri Tetap Tinggal Diperbatasan

by Muhammad Aras

Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra

Oleh : Kombes Pol Muhammad Yamin Sumitra

(Dirbinmas Polda Kaltara)

RASA bela negara didaerah perbatasan ini perlu dipupuk dan ditingkatkan secara profesional dan skill nya harus yg mantap .

TNI dan POLRI secara individu sudah terlatih dan terdidik untuk mempertahankan dan mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak diragukan lagi, secara umum tentang jiwa patriot, disiplin, jiwa Ä·ejuangan, skill untuk melakukan pertahanan dan keamanan Indonesia.

Jiwa kepemimpinan sebagai dinamisator, stabilisator, kordinator untuk mendukung pembangunan Nasional dapat terwujud dengan baik dan lancar apabila suatu daerah itu dalam keadaan aman dan kondusif.

Khusus di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai beranda terdepan NKRI, aparat POLRI dan TNI bahu membahu dan saling bersinergitas dalam mengamankan provinsi bungsu ini khususnya di wilayah perbatasan.

Untuk itu pemerintah perlu memprogramkan bagaimana agar para pensiunan TNI dan POLRI setelah pensiun tidak semua pulang kampung atau meninggalkan daerah perbatasan ini (Provinsi Kaltara).

Seperti program Transmigrasi diberi lahan untuk bertani, berkebun, beternak, tambak, berwiraswasta, berusaha yang masih sehat kuat dipekerjakan di pemerintahan daerah atau perusahaan. Termasuk jika ingin bertugas sebagai Satpol PP, security / Satpam di kantor kantor , perusahaan.

Bisa juga mengolah perusahaan tambak, perkebunan agar kesejahteraan nya tercukupi dll.
Sebagai cadangan pertahanan dan keamanan didaerah perbatasan bila jumlahnya cukup banyak yang setelah pensiun pada tinggal didaerah perbatasan sangatlah menguntungkan untuk menjaga dan memelihara kedaulatan Ā persatuan dan kesatuan NKRI.(*)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: