Polda Kaltara Segera Naik Tipe A

by Muhammad Aras

Markas Komando (Mako) Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara tengah mempersiapkan segala persyaratan untuk naik menjadi Tipe A. Dimana kita ketahui bahwa Polda Kaltara merupakan salah satu Polda yang saat ini masih berstatus tipe B.

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit mengatakan berkat kebijakan dari Kapolri Jenderal Idham Azis bahwa seluruh Polda yang masih berstatus tipe B akan dinaikkan menjadi tipe A. Untuk itu, Kapolda  Kaltara bersama jajarannya telah mempersiapkan persyaratan –persyaratan yang selama ini belum lengkap.

“Pak Kapolri membuat kebijakan seluruh Polda tipe B itu akan dijadikan tipe A termasuk Kaltara ini. Untuk menjadi tipe A kan ada beberapa persyaratan baik untuk administrasi dan sebagainya. Nah kemarin kita sudah mempersiapkan tim dari Jakarta memeriksa persyaratan-persyaratan yang kita sudah penuhi, setelah itu dari Mempan Baru datang,” ujarnya kepada Metro Kaltara, Jumat (10/1).

Kapolda membeberkan beberapa persyaratan yang dipenuhi diantaranya jumlah personel, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta inovasi pelayanan oleh Polda Kaltara. diakuinya bahwa berkas persyaratan tersebut telah masuk ke Mabes Polri dan telah diserahkan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang selanjutnya akan menilai layak tidaknya Polda Kaltara naik Tipe A.

“Kita belum tahu karena dari Mabes sudah mengirim berkas ke Menpan, kemudian Mempan datang untuk melakukan peninjauan. Jadi kita berdoa semua supaya Polda Kaltara ini segera naik tipe A, kan diliat Kaltara ini sudah memenuhi syarat menjadi tipe A karena dampaknya sangat besar, dari tipe B ke A jelas kepangkatan eselon naik, jumlah personel bertambah, ungkapnya.

Lebih lanjut Mantan Wakapolda Jawa Tengah ini mengungkapkan bahwa wilayah Kaltara yang merupakan perbatasan adalah hal utama yang menjadi pertimbangan untuk naik Tipe A. Tujuannya adalah untuk memperkuat pengamanan di perbatasan. Untuk itu ia berharap agar Polda Kaltara bisa menjadi Tipe A secepatnya.

“Syarat yang paling mendasar, ini adalah perbatasan. Karena perbatasan tidak bisa ditangani dengan personel 30 persen, biasa-biasa saja tidak boleh. Yang menentukan kan Menpan RB, kita berharap tahun ini, kalau bisa bulan depan, jangan lama-lama,” harapnya. (as)

Related Articles

Bagaimana Tanggapan Anda?....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: