Untuk Naik ke Tipe A, Polda Kaltara Tiga Instansi Lain

Kamis, Juli 18th 2019. | Headline, Tanjung Selor

Tampak Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (kiri) dimapingi Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit (kanan) saat meninjau gedung Mapolda Kaltara

TANJUNG SELOR, MK – Pasca diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kamis (18/7/2019). Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kalimantan Utara (Kaltara) kini menjadi Polda ke 34 di Indonesia dengan pimpinan Berigadir Jenderal yang saat ini di jabat Brigjen Pol Indrajit.

Dengan status tipe B sekarang ini, banyak kalangan menginginkan agar Mapolda Kaltara naik ke tipe A lantaran wilayah geografis Kaltara terletak di perbatasan yang menjadi beranda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karena Polda Kaltara masih bintang satu saya mengusulkan kepada Kapolri agar menaikkan menjadi bintang dua,” pinta salah satu tamu undangan dalam acara peresmian Mapolda Kaltara kepala Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Menanggapi permintaan tersebut, Kapolri mengaku butuh proses untuk menaikkan status Polda Kaltara ke Tipe A. Apalagi, saat ini Gedung Komande Resort Militer (Korem) belum ada sehingga saat ini Mabes Polri akan berkomunikasi dengan Panglima TNI untuk pembangunan Korem di Kaltara.

“Demikian Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi itu belum, sehingga status Polda Kaltara menuju tipe A butuh proses. Tetapi masukan tadi tetap kami akomodir,” kata Kapolri.

Terpisah,  Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit mengatakan untuk menuju ke Tipe A tentunya Polda Kaltara harus lengkap dalam personel, gedung , sarana dan prasaran termasuk rumah dinas anggota kepolisian.

“Prinsipnya kan kita harus lengkap juga termasuk dari instansi lain belum ada yang masuk kesini, Kajati belum, Korem belum terus juga kesiapan dari Polda Kaltara sendiri akan dinilai oleh Menpan untuk mendapatkan anggaran,” ungkapnya.

“Dampaknya dari peningkatan ke Tipe A, jumlah personil bertambah, sarana prasarana akan lebih besar yang berdampak pada keuangan negara,” tambah Kapolda. (as)

tags: , , ,

Related For Untuk Naik ke Tipe A, Polda Kaltara Tiga Instansi Lain